blog-indonesia.com

Sabtu, 05 Februari 2011

Menlu RI Akan Hadiri Sidang Kaji Ulang Senjata Nuklir

Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan memimpin delegasi RI pada sidang kaji ulang Traktat Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT) di New York pada 3-28 Mei 2010.

Menurut penjelasan Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Sabtu, pertemuan tersebut akan diselenggarakan di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain unsur Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan Tetap RI (PTRI New York, anggota delegasi RI juga berasal dari wakil PTRI Jenewa, PTRI Wina dan wakil dari beberapa instansi teknis.

Sidang Kaji Ulang NPT itu merupakan pertemuan yang kedelapan sejak NPT diberlakukan.

Tujuan pertemuan New York itu sendiri adalah untuk melakukan pengkajian mengenai implementasi berbagai ketentuan yang terdapat di dalam NPT.

NPT pada prinsipnya dibangun di atas tiga pilar, yaitu perlucutan senjata nuklir, non-proliferasi dan pengembangan energi nuklir untuk tujuan damai.

Berkaitan dengan pertemuan itu, Menlu dijadwalkan memberikan pernyataan Indonesia pada 3 Mei 2010 sore waktu setempat.

Secara terpisah, Menlu Marty Natalegawa juga akan memberikan pernyataan atas nama negara-negara Gerakan Non-Blok (GNB) yang menjadi negara pihak pada NPT (Non-Aligned Movement States Parties to the Treaty on the Non-Proliferation of Nuclear Weapons).

Dalam GNB, Indonesia merupakan koordinator kelompok kerja perlucutan senjata yang beranggotakan 118 negara GNB.

Berdasarkan hasil Sidang Persiapan yang telah dilaksanakan pada 2007-2009, diperkirakan seluruh negara pihak NPT akan kembali membahas isu-isu seperti perlucutan, protokol tambahan, pengaman, situasi di Timur Tengah, dan pengunduran diri.

Selama di New York, Menlu RI juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat dan organisasi internasional untuk membahas isu-isu NPT maupun peningkatan kerjasama bilateral. (G003/R013/R009)



ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More