blog-indonesia.com

Selasa, 08 Februari 2011

Jero Wacik: Komodo Tetap Menjadi Warisan Dunia

Pin kampanye "Vote Komodo" diperlihatkan di Jakarta, (17/6). Masyarakat dapat mengakses www.new7wonders.com dan memilih Pulau Komodo sebagai salah satu keajaiban dunia baru. Foto: ANTARA/Fanny Octavianus


TEMPO Interaktif
, Jakarta - Menteri kebudayaan dan pariwisata Jero Wacik menyatakan bahwa Taman Nasional Komodo hingga kini masih termasuk salah satu warisan dunia. Penyataan tersebut sekaligus mementahkan ancaman hasil voting yang dilakukan Lembaga Swadaya Masyarakat Internasional New7Wonder untuk menghapus komodo dari salah satu tujuh warisan keajaiban dunia.

“Unesco masih mengakui bahwa Komodo dan Borobudur termasuk warisan dunia,”ujar Jero Wacik saat menggelar jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (7/2).

Menurutnya, berita simpang siur mengenai dicoretnya Taman Nasional Komodo dari salah satu keajaiban dunia berawal dari pernyataan New7Wonder yang mengancam pencoretan keikut sertaan Komodo dari Indonesia sebagai warisan dunia karena tidak mau membayar lisensi fee yang diminta mereka.

Pihak pemerintah Indonesia keberatan dengan permintaan mereka yang konon angkanya mencapai Rp 450 miliar, sehingga mengambil sikap tegas dengan mengundurkan diri dari upaya pencalonan sebagai tuan rumah. Namun upaya tersebut malah mendapat reaksi New7Wonder dengan nada ancaman untuk menghapus pulau komodo dari pemilihan kontes tersebut.[JAYADI SUPRIADIN]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More