blog-indonesia.com

Rabu, 15 Desember 2010

Microsoft dan TIFA Bekali Guru dengan Ilmu Teknologi

JAKARTA - Microsoft berkomitmen membantu mempersiapkan masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi. Salah satu upayanya adalah memperluas program Community Technology Center (CTC) dengan program Partner in Learning (PIL) untuk mendidik guru sekolah, khususunya di wilayah Babakan, Cirebon Timur.

Program ini sebenarnya dirancang Microsoft menggandeng TIFA Foundation, untuk membantu tenaga kerja Indonesia (TKI) dan keluarga agar dapat memanfaatkan teknologi, baik hardware maupun software. Seperti diketahui, Cirebon merupakan salah satu wilayah dengan jumlah TKI terbesar di Indonesia. Namun saat ini program tersebut diperluas untuk dinikmati oleh para guru di kawasan ini.

Tujuan dari pelatihan teknologi informasi ini adalah untuk memberikan guru-guru pelatihan komputer yang diharapkan dapat memudahkan mereka melaksanakan tugas-tugas mengajar dengan mengoptimalkan perangkat teknologi informasi.

"Tahap awal, baru 60 guru yang berasal dari 15 sekolah di kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon Timur yang mengikuti program pelatihan tersebut. Kita harus mulai berpikir secara berbeda mengenai metode pengajaran agar guru-guru dapat mempersiapkan siswa-siswanya menyongsong masa depan," ujar Ananta Gondomono, Academic Program Manager Partners in Learning Microsoft Indonesia, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/12/2010).

Dalam melaksanakan program pelatihan TI kepada guru-guru di Babakan Cirebon tersebut, Microsoft tidak hanya menggandeng TIFA Foundation tapi juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional setempat untuk mendorong guru-guru terlibat dalam pelatihan TI dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Program Partner in Learning diluncurkan secara global pada bulan September 2003, sebagai komitmen Microsoft terkait dengan pentingnya pendidikan teknologi di sekolah-sekolah. Dalam pelaksanaannya Partners in Learning diimplementasikan melalui kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan organisasi non-pemerintah di setiap negara, sehingga dapat menjamin program tersebut memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Pelatihan TI bagi guru-guru dilangsungkan di SMK Al Jilani dengan menggunakan fasilitas komputer CTC Babakan Cirebon. CTC Babakan Cirebon merupakan salah satu dari 10 CTC yang didirikan TIFA Foundation bekerjasama dengan Microsoft.

TIFA Foundation sendiri, melalui Executive Director-nya, Tri Nugroho, menyambut baik program pelatihan TI bagi guru-guru di Babakan Cirebon. Pasalnya hal ini dianggap semakin menegaskan posisi CTC Babakan Cirebon sebagai CTC yang kreatif dan lembaga pendidikan luar sekolah yang terakreditasi.

"Dalam jangka panjang, inisiatif semacam ini akan dapat memotivasi guru dan murid, serta akan memastikan bahwa teknologi informasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses belajar-mengajar di sekolah-sekolah di Babakan Cirebon. Dengan memiliki ketrampilan TI dan akses pada informasi, maka kesempatan untuk berkembang bagi para murid menjadi tidak terbatas dan hal ini akan dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi lulusannya untuk mampu bersaing di dunia yang semakin kompetitif ini," tandas Tri Nugroho (srn)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More