blog-indonesia.com

Minggu, 18 Mei 2014

Kapal Logindo Stamina Buatan Batam Resmi Beroperasi

Tergolong memiliki fasilitas yang lengkap dan berteknologi canggih Kapal Logindo Stamina/Batam  PT Logindo Samudramakmur Tbk resmi mengoperasikan satu unit kapal terbarunya yang diproduksi di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kapal tersebut dibeli dari PT Marcopolo Shipyad dengan nilai US$ 22,5 juta dan akan dioperasikan untuk menunjang kegiatan eksplorasi migas PT Total E&P di Perairan Mentawai, Bengkulu.

Direktur Utama PT Logindo Samudramakmur Tbk Eddy K. Logam mengungkapkan kapal ke-61 milik korporasinya ini tergolong memiliki fasilitas yang lengkap dan berteknologi canggih.

"Ini kapal jenis AHTS (Anchor Handling Tug Supply) untuk menarik rig," ujarnya saat peresmian di Batam, Jumat (16/5/2014).

Kapal tersebut memiliki kemampuan antara lain dapat menarik beban hingga 120 ton dengan kekuatan tarik katrol (towing winch) sampai dengan 300 ton.

Selain itu, kapal dengan panjang 70 meter dan lebar 16,8 meter ini juga dapat menjadi armada suplai bahan bakar karena bisa memuat BBM hingga 700 ton.

Kapal yang diberi nama Logindo Stamina ini juga dilengkapi tanki semen yang digunakan untuk menyemen lubang pengeboran serta tanki lumpur yang dipakai sebagai penahan tekanan minyak.

Yang terpenting juga, lanjutnya, kapal berbobot 2.500 ton ini dilengkapi teknologi navigasi 'Dynamic Positioning' generasi kedua.

Teknologi ini sangat dibutuhkan utamanya untuk memposisikan kapal secara akurat saat menarik rig atau melakukan aktivitas krusial lainnya di kawasan eksplorasi.

"Dari seluruh kapal sejenis yang kami miliki sekarang, baru empat kapal yang sudah punya teknologi ini. Kapal ini tergolong sudah canggih di indonesia," sambung Eddy.

Bahkan dalam keadaan darurat, kapal yang diawaki oleh 42 ABK itu juga dapat berfungsi sebagai pemadam kebakaran.

  ★ bisnis  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More