blog-indonesia.com

Jumat, 17 Februari 2012

3.000 Siswa SMP Ikuti Olimpiade Sains

Illustrasi

SOLO--MICOM
:
Sebanyak 3.000 peserta dari 334 sekolah menengah pertama (SMP) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di seluruh Indonesia mengikuti Olimpiade Sains di Kota Solo, Selasa (14/2).

Kegiatan lomba ilmu pengetahuan tingkat SMP RSBI yang terdiri dari bidang studi Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, dan Fisika. Setiap sekolah mengirimkan empat siswanya didampingi oleh dua guru, dan kepala sekolahnya.

Kegiatan olimpiade sains tingkat nasional tersebut dibuka oleh Dirjen Pendidikan Dasar, Kemendiknas, Prof Suyanto, dan juga disaksikan oleh Wali Kota Surakarta Joko Widodo, di The Sunan Hotel Solo.

Menurut Prof. Suyanto, kegiatan olimpiade sains tingkat SMP nasional tersebut dilakukan secara spontan di Solo. Kegiatan ini yang ketiga dan sebelumnya yang pertama dilaksanakan di Jakarta, dan kemudian di Surabaya.

"Kami menyambut baik acara ini. Sehingga, RSBI kualitas semakin baik saya kira hal itu bagian dari proses alamiah menuju ke Bertaraf Internasional," katanya.

Menurut dia, RSBI pada hakekatnya adalah instrumen untuk menuju ke arah Bertaraf Internasional yang harus dikondisikan. Pihaknya tidak bisa secara tiba-tiba sekolah dibikin Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Karena, kata dia, hal tersebut juga sesuai amanat Undang-Undang Pasal 50 ayat 3 nomor 32/2004, tentang Pemerintah Pusat dan Daerah. "Kita tidak bisa menargetkan diperlukan berapa lama sekolah menjadi SBI, karena arah RSBI sesuai di level-level internasional". Oleh karena itu, Proses RSBI terus dikawal jika tidak bisa hingga waktu misalnya tujuh tahun, maka sekolah itu harus dikembalikan ke standar nasional.

Menurut dia, jumlah sekolah RSBI di Indonesia masih terhitung kecil sekali. Dari sebanyak 150 ribu sekolah SD, SMP, dan SMA di Tanah Air hanya 1.125 yang RSBI. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More