N 250 IPTN

Prototype pesawat pertama angkut penumpang dengan sistem fly by wire produksi IPTN, Bandung - Indonesia Teknologi

CN 235 MPA

Pesawat patroli maritim CN-235 produksi PT DI, Bandung - Indonesia Teknologi

NC 212 MPA

Pesawat patroli maritim NC-212 produksi PT DI, Bandung - Indonesia Teknologi

Star 50

Kapal kargo 190 m dengan bobot 50.000 dwt merupakan kapal angkut terbesar pertama buatan Indonesia, produksi PT PAL, Surabaya - Indonesia Teknologi

LPD KRI Banda Aceh

Kapal perang serba guna produksi PT PAL, Surabaya, merupakan kapal dengan panjang 125 m hasil desain anak bangsa dengan lisensi Korea - Indonesia Teknologi

KCR 60 KRI Tombak 629

Kapal Cepat Rudal-60 produksi PT. PAL, Indonesia. Merupakan kapal pemukul reaksi cepat produksi Indonesia. - Indonesia Teknologi

FPB 57 KRI Layang

Kapal patroli cepat berpeluru kendali atau torpedo 57 m rancangan Lurssen, Jerman produksi PT PAL, Surabaya - Indonesia Teknologi

PC 40 KRI Krait

Kapal patroli 40 m berbahan almunium alloy produksi Fasharkan TNI AL Mentigi Tanjung Uban, Riau - Indonesia Teknologi

KCR 40 KRI Clurit

Kapal Cepat Rudal-40 produksi PT. Palindo Marine, Batam. Senilai kurang lebih 75 Milyar Rupiah, merupakan kapal pemukul reaksi cepat produksi Indonesia. - Indonesia Teknologi

PC 40 KRI Tarihu

Kapal patroli 40 m berbahan plastik fiberglass produksi Fasharkan TNI AL Mentigi Tanjung Uban, Riau - Indonesia Teknologi

KRI Klewang

Merupakan Kapal Pertama Trimaran, produksi PT Lundin - Indonesia Teknologi

Hovercraft Kartika

Hovercraft utility karya anak bangsa hasil kerjasama PT. Kabindo dengan TNI-AD dengan kecepatan maksimum 40 knot dan mampu mengangkut hingga 20 ton - Indonesia Teknologi

Hovercraft Indonesia

Hovercraft Lumba-lumba dengan kecepatan maksimum 33 knot dan mampu mengangkut 20 pasukan tempur produksi PT Hoverindo - Indonesia Teknologi

Panser Canon 90mm

Kendaraan militer dengan kanon 90 mm cockeril produksi PT Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Panser Anoa APC

Kendaraan angkut militer produksi PT Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Tank SBS Pindad

Kendaraan militer prototype Pindad - Indonesia Teknologi

APC PAL AFV

Kendaraan angkut pasukan amfibi hasil modifikasi dari BTR-50 PM produksi PT PAL, Surabaya sehingga meninggkatkan keamanan dan daya jelajahnya - Indonesia Teknologi

PT44 Maesa

Kendaraan angkut militer produksi Indonesia - Indonesia Teknologi

PT44 Gudel

Kendaraan taktis militer produksi Indonesia - Indonesia Teknologi

Komodo 4x4

Kendaraan militer taktis produksi Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

GARDA 4x4

Kendaraan militer taktis hasil karya anak bangsa - Indonesia Teknologi

P1 Pakci

Kendaraan taktis angkut pasukan P1 Pakci produksi PT Surya Sentra Ekajaya (SSE), berbodi monokok dengan mesin diesel 3000 cc milik Toyota Land Cruiser - Indonesia Teknologi

P2 APC Cougar

Kendaraan taktis angkut pasukan produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) dengan mesin diesel turbo bertenaga 145 hp - Indonesia Teknologi

P3 APC Ransus Cheetah

Kendaraan khusus produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) - Indonesia Teknologi

DMV30T

Kendaraan taktis Dirgantara Military Vehicle (DMV-30T) menggunakan mesin diesel 3000 cc Ford Ranger produksi PT DI, Bandung - Indonesia Teknologi

Mobil Hybrid LIPI

Prototipe mobil tenaga hybrid produksi LIPI - Indonesia Teknologi

Mobil Listrik MARLIP (Marmut LIPI)

Prototipe mobil Listrik karya LIPI - Indonesia Teknologi

Mobil Nasional Esemka Digdaya

Mobil hasil karya anak SMK Solo dengan rancangan dari China - Indonesia Teknologi

Teknik Sosrobahu

Struktur pondasi jalan layang yang dapat digerakan 90° sehingga tidak memakan banyak tempat dan merupakan desain anak bangsa - Indonesia Teknologi

Senin, 28 Februari 2011

Soal Penyadapan, Menkominfo Setuju Diatur UU

Menkominfo Tifatul Sembiring (rou/inet)

Jakarta - Menkominfo Tifatul Sembiring mengaku setuju dengan Mahkamah Konstitusi yang merekomendasikan bahwa tata cara soal penyadapan harus diatur Undang-undang. Alhasil, pembahasan soal Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Penyadapan pun dihentikan.

Sebelumnya, Mahkamah Kostitusi mengabulkan uji materi pasal 31 ayat (4) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dengan keputusan ini maka tata cara penyadapan harus diatur dalam UU, tidak boleh lewat Peraturan Pemerintah.

Majelis menyatakan bahwa pasal itu bertentangan dengan UUD 1945. Pasal yang digugat itu sendiri berbunyi: "Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah".

Majelis menyatakan pasal itu tidak memiliki kekuatan hukum mengikat. Dalam pertimbangannya, MK berpendapat, penyadapan harus diatur oleh Undang-Undang.

Pasal itu sendiri dikatakan telah bertentangan dengan pasal 28 J ayat (2) yang berbunyi "Dalam menjalankan hak dan kebebasan setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis."

Dengan begitu, ketentuan Pasal 31 ayat (4) UU ITE yang mengamanatkan pengaturan intersepi (penyadapan) melalui Peraturan Pemerintah dianggap bertentangan dengan UUD 1945.

Menanggapi hal tersebut, Menkominfo pun tak terlalu mempermasalahkan. Pasalnya, ia beranggapan, PP yang dimaksud pun belum ada. Jadi mudah saja jika nantinya berubah.

"Yang pasti sampai saat ini tata cara penyadapan itu belum ada Undang-undangnya. KPK memang dikatakan berwenang melakukan penyadapan tapi tata caranya belum ada," kata Tifatul.

"Saya setuju jika soal penyadapan ini diatur, lewat Undang-undang lebih setuju lagi. Jadinya, ya pembahasan RPP di internal Kominfo berarti tidak akan berlanjut. Termasuk (RPP) yang ada di Kemenkumham akan ditarik, atau bisa juga kita tingkatkan statusnya menjadi UU," pungkasnya, ketika ditemui usai penandatanganan nota kesepahaman antara Kominfo dengan Badan Narkotika Nasional di Jakarta, Senin (28/2/2011).( ash / fyk )


detikInet

Roy Suryo Nilai Ada yang Mainkan Kata 'Kebaikan SBY'

Jakarta - Politisi Demokrat Roy Suryo tidak heran ketika mesin pencari Google malah menyodorkan kata keburukan SBY saat mengetik kata 'Kebaikan SBY'. Roy menilai ada seseorang yang memainkan Google sehingga bersikap demikian.

"Memang tidak aneh itu. Memang Google bisa dibelokan oleh seseorang yang punya kemampuan, tapi tidak digunakan untuk hal yang positif," kata Roy di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/2/2011).

Roy menilai, bagaimanapun SBY adalah presiden dan lambang negara, jadi tidak layak dipermainkan seperti itu. "Mari kita melakukan hal yang positif saja," imbuh anggota Komisi I DPR itu.

Roy menjelaskan, Google dapat dilakukan pembelokan untuk akses seperti itu dan hal tersebut bisa dibuat orang untuk mendiskreditkan orang lain.

"Sepanjang bukan lambang negara tak masalah. Bagaimanapun SBY adalah lambang negara. Tidak elok juga diperlakukan begitu. Menurut saya, meluruskan tidak perlu kita minta Google. Saya percaya banyak orang yang bisa membenarkan itu. Menurut saya Istana tidak perlu mengurusi hal itu. Banyak hal penting karena bagi pengguna internet hal semacam itu biasa," tuturnya.

Sebelumnya, ada yang jadi obrolan hangat hari ini di Twitter. Tak lain tak bukan adalah 'kebaikan SBY'. Banyak Tweeps yang mengabarkan keganjilan bila mengetik di Google dengan kata kunci 'kebaikan SBY', maka si mesin pencari akan bertanya, "Mungkin maksud Anda adalah keburukan SBY?"

Keanehan ini telah ramai dibicarakan sejak Minggu kemarin dan berlanjut hingga Senin (28/2/2011) ini. Google merekap jumlah kebaikan SBY ada di lebih 351 ribu artikel, namun pihaknya lebih merekomendasikan keburukan SBY yang hanya 58 ribu temuan.

Sejumlah Tweeps juga memention keanehan itu kepada orang dekat Presiden SBY, seperti ke akun @anasurbaningrum.( van / fw )


detikInet

Thorium Babel Tidak Untuk PLTN

Pusat tenaga nuklir Tihange sebagai pemasok kebutuhan listrik Belgia, 17 Juni 2006.

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com
- Deposit Thorium yang banyak di Kepulauan Bangka Belitung tidak akan dijadikan bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir yang direncanakan dibangun di Bangka. Bahan bakar akan dibeli dari luar negeri.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Hudi Hastowo mengatakan, ada beberapa panduan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Salah satunya memakai teknologi yang sudah teruji aman paling sedikit tiga tahun berturut-turut.

"Reaktor thorium untuk masa depan. Reaktor itu sedang dalam tahap pengembangan antara lain oleh India dan Amerika," ujarnya di Pangkal Pinang, Senin (28/2/2011).

Sedangkan PLTN di Babel, akan memakai bahan bakar uranium. Pengadaan uranium rencananya akan dibeli dari luar negeri. "Bisa pakai kontrak jangka panjang untuk keamanan (pasokan). Ada mekanisme fuel bank bagi negara-negara yang mengoperasikan PLTN," tuturnya.

Meskipun akan membeli, Hudi memastikan BATAN menguasai teknologi pembuatan bahan bakar reaktor. Hal itu antara lain karena BATAN sudah mengoperasikan reaktor riset di Serpong dan Yogyakarta.


KOMPAS

Rp 50 Miliar Untuk Nuklir Babel

Ilustrasi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com
- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengalokasikan Rp 50 miliar untuk studi kelayakan pembangunan PLTN di Kepulauan Bangka Belitung. Lembaga itu juga mempertimbangkan kerjasama dengan Universitas Bangka Belitung untuk menyiapkan tenaga ahli.

Kepala BATAN, Hudi Hastowo mengatakan, alokasi itu setara 1/8 anggaran BATAN untuk tahun 2011. Anggaran studi kelayakan itu untuk memantapkan rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Kepulauan Bangka Belitung (Babel). "PLTN di Babel akan jadi PLTN pertama di Indonesia," ujarnya di Pangkal Pinang, Senin (28/2/2011).

BATAN juga akan mempertimbangkan kerja sama dengan Universitas Bangka Belitung untuk menyiapkan tenaga teknis dan tenaga ahli PLTN di Babel. Dengan demikian, warga Babel bisa terlibat dalam pengoperasian PLTN. "Semua itu komitmen BATAN untuk pengembangan energi nuklir di Babel," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel berambisi membangun dua PLTN dalam 12 tahun ke depan. Reaktor akan dibangun di Tanjung Kerasak, Bangka Selatan dan Muntok, Bangka Barat. Uji tapak sudah dilakukan di lokasi yang direncanakan sebagai tempat pembangunan PLTN.

Bangka dinilai layak untuk PLTN karena relatif bebas dari bencana alam yang membahayakan PLTN seperti gempa, letusan gunung berapi, dan tsunami. Sampai saat ini, tiga jenis bencana itu tidak pernah terjadi di Bangka.


KOMPAS

Gemuruh Diyakini dari Sesar Grindulu

Lokasi Sesar Grindulu, salah satu sesar panjang di Pulau Jawa yang berada di wilayah jawa Timur.

TRENGGALEK, KOMPAS.com
— Dinamika geologi pada blok batuan di patahan atau sesar yang disebut Sesar Grindulu serta interaksinya dengan sesar-sesar kecil di kawasan antara Gunung Wilis dan pegunungan kapur di selatan Trenggalek diyakini menjadi penyebab munculnya suara gemuruh. Meski demikian, tidak didapati potensi bahaya sehingga suara gemuruh itu nantinya diyakini hilang dengan sendirinya.

Demikian penjelasan tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Bandung yang dipimpin Dr Gede Swantika bersama Bupati Trenggalek Mulyadi di Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (26/2/2011).

"Ini merupakan bekal bagi Pemkab (Pemerintah kabupaten) Trenggalek untuk menyampaikan pesan kepada warga di lokasi terdengarnya suara gemuruh agar tetap tenang karena tidak ada potensi bahaya, tetapi juga tetap waspada," kata Mulyadi.

Gede menjelaskan, tim kajian yang dia pimpin bekerja sejak minggu lalu di Ponorogo, tepatnya di Danau Ngebel di kaki Gunung Wilis, yang terdapat laporan suara gemuruh. Namun, seismometer digital yang dibawa dari kantor PVMBG diputuskan dipasang di selatan Trenggalek, di lokasi yang laporan suara gemuruhnya paling keras.

Dua di antaranya dipasang di Desa Pringapus, Kecamatan Dongko, dan Desa Timahan, Kecamatan Kampak, yang berada di kompleks pegunungan kapur selatan Gunung Wilis. Satu dipasang di kaki Gunung Wilis di Botoputih, Kecamatan Bendungan, dan satu lagi dipasang di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo.

Selama pengukuran yang berlangsung secara otomatis karena sudah terkomputerisasi, menurut Gede Suantika, tidak didapati getaran gempa tektonik yang cukup besar sehingga dapat disimpulkan tidak ada gempa. Tim menafsirkan, gempa yang dicirikan oleh suara gemuruh sudah tidak lagi berada pada waktu puncak kegiatan. Bahkan saat tim tiba, gemuruh sudah mereda sehingga tidak lagi bisa teramati.

"Tim menyusun penjelasan bahwa gempa yang menimbulkan suara gemuruh muncul sejak Januari 2011 dan mencapai puncaknya minggu pertama Februari 2011. Saat ini pemeriksaan oleh tim menunjukkan, dentuman yang menimbulkan suara gemuruh sudah jauh berkurang," kata Herry Purnomo, Ketua Tim Geologi.

Tim menilai telah terjadi gesekan blok batuan dengan blok tanah pada lokasi Sesar Grindulu dan sesar-sesar kecil di sekitarnya. Penyebabnya bisa jadi curah hujan yang tinggi yang menimbulkan gaya gravitasi dan akibat gaya-gaya tektonik lainnya.

Tim yakin tidak akan muncul bahaya lebih besar jika menilik kondisi data hasil pemeriksaan dengan seismograf digital. Kepala Desa Timahan, Kecamatan Kampak, Sejadi menjelaskan, warga cukup resah oleh suara-suara gemuruh yang saat ini jauh berkurang. Warga khawatir bisa terjadi gempa seperti yang di Yogyakarta dan Padang.

Humas Pemkab Trenggalek Yoso Mirdasi menjelaskan, pihaknya segera menyosialisasikan hasil pemeriksaan Tim Kajian PVMBG kepada camat dan kepala desa di Trenggalek. Namun, ia tetap meminta warga melaporkan semua hal yang tidak lazim terjadi kepada kepala desa masing-masing.


KOMPAS

Galangan Kapal di Batam Produksi Kapal Perang

KRI Celurit-641 (foto Ilustrasi Kaskus)

BATAM--MICOM: Perusahaan galangan kapal PT Palindo Marine Industri di Batam memproduksi kapal perang Indonesia yang akan digunakan TNI AL dalam mengamankan perairan laut Indonesia.

"Indonesia patut berbangga karena memiliki putra putri yang mampu membuat kapal perang," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro saat meninjau pembuatan kapal perang, Minggu (27/2).

Menteri mengatakan pembuatan kapal perang yang diberi nama KRI Celurit-641 itu merupakan terobosan baru yang membanggakan dari industri galangan kapal di Batam. KRI Celurit-641 buatan lulusan Institut Teknologi Sepuluh November itu dilengkapi dengan sistem persenjataan modern berupa Sensor Weapon Control (Sewaco), Meriam caliber 30 MM 6 laras sebagai Close in Weapon System

(CIWS) serta peluru kendali.

Diperkirakan kapal itu mampu berlayar dengan kecepatan 30 knot dan menembakkan rudal C-705 hingga ratusan kilometer jauhnya. Kapal dengan teknologi tinggi itu memiliki spesifikasi panjang 44 meter, lebar 8 meter, tinggi 3,4 meter dan sistem propulasi fixed propeller 5 daun.

Menurut Menhan, kontsruksi KRI Celurit cocok mengarungi wilayah NKRI yang dikelilingi pulau-pulau kecil. Desain dan teknologi yang dimiliki kapal diharapkan mampu membantu tugas TNI AL mengamankan NKRI dari segala ancaman di laut.

Di tempat yang sama, Panglima Komando Armada Kawasan Barat (Pangkoarmabar) Laksamana Muda TNI Marsetio mengatakan KRI Celurit-461 akan memberikan dampak psikologis positif bagi jajaran TNI AL karena Indonesia mampu membuat kapal perang canggih dan cepat.

"Kapal ini memiliki teknologi yang tidak kalah bagusnya dari kapal-kapal buatan negara lain. Indonesia patut berbangga karena mampu memproduksi kapal perang sendiri," kata dia.(Ant/OL-2)


MediaIndonesia

Brunei Akan Gunakan Kendaraan Tempur Buatan Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan pemerintah Brunei Darussalam berminat untuk membeli dan menggunakan kendaraan tempur dan beberapa jenis senjata buatan Indonesia.

"Mereka akan menggunakan produk-produk dalam negeri kita, khususnya kendaraan-kendaraan tempur dan persenjataan," kata Sudi Silalahi kepada wartawan setelah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan kerja di Provinsi Kepulauan Riau, Ahad (27/2) sore.

Sudi mengatakan, kerja sama pertahanan dengan Brunei itu adalah salah satu dari beberapa hasil kunjungan kenegaraan Presiden Yudhoyono ke Brunei Darussalam pada 24 Februari 2011, atau sehari sebelum presiden berkunjung ke Kepulauan Riau.

Menurut Sudi, kerja sama pertahanan dengan Brunei itu sudah dinyatakan dalam penandatanganan nota kesepahaman. Namun demikian, Sudi tidak menjelaskan jumlah dan spesifikasi alat pertahanan buatan Indonesia yang akan diekspor ke Brunei. Dia juga tidak menyebutkan tenggat waktu pelaksanaan kerja sama itu.

Pernyataan bersama Presiden Yudhoyono dan Sultan Hassanal Bolkiah yang disampaikan secara tertulis menyatakan, kedua negara juga sepakat untuk membentuk dan meningkatkan peran komite kerja sama pertahanan.

Kedua kepala negara optimistis, komite itu akan meningkatkan dan memperkuat kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan Brunei Darussalam.

Selain pertahanan, kedua negara juga sepakat untuk membina kerja sama di bidang pertanian, kebudayaan dan pariwisata, ketenagakerjaan, serta pendidikan.

Khusus untuk bidang pendidikan dan ketenagakerjaan, pemerintah Brunei bersedia membantu para tenaga kerja Indonesia dan anak-anak mereka untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

"Ada kesempatan peningkatan pendidikan bagi tenaga kerja, juga putera puteri tenaga kerja kita di sana mendapatkan pendidikan yang lebih baik," ucap Sudi Silalahi.(Ant/DSY)


Metrotvnews

Minggu, 27 Februari 2011

Teknologi Binus untuk Sistem Perkuliahan Global

Jakarta (ANTARA News) - Universitas Bina Nusantara (Binus) menggunakan teknologi terkini menerapkan sistem perkuliahan global (global learning system), kata Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo MM selaku Rektor Universitas Binus.

"Berbasis teknologi informasi yang telah menggunakan Learning Management System (LMS), sangat memungkinkan peserta didik Binus berinteraksi dengan pengajar atau dosen mancanegara secara virtual, tanpa batas-batas ruang dan waktu," ujarnya

Global Learning System merupakan kesinambungan dari sistem pembelajaran berbagai kanal yang selama ini telah diterapkan Binus," kata Harjanto Prabowo, pada acara memperingati 30 tahun Binus dengan tema "Building National Competitiveness in the Global Arena"

Harjanto mengatakan, melalui sistem ini membuat siswa atau mahasiswa berada di dunia semacam "kampus global", tempat belajar sepanjang waktu.

Menurut Harjanto, perkembangan teknologi informasi memungkinkan terbangunnya suatu jaringan pembelajaran (learning network) baik antara peserta didik Binus dengan peserta didik lainnya maupun antar-peserta didik dengan peserta didik dengan berbagai sumber pembelajaran yang melampaui batas-batas negara.

"Artinya, sekolah atau kampus harus memiliki standar di mana peserta didik tidak bisa lagi mengandalkan ilmu pengetahuan yang disajikan oleh guru atau dosen mereka saja, mereka harus belajar lebih banyak dari itu. Mereka harus memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang tersedia di lingkungan mereka," tambah Harjanto.

Binus telah menyiapkan fasilitas tersebut seperti laboratorium, perpustakaan, tempat kerja praktek, konferensi, fasilitas pembelajaran berbasis multi media, video dan audio broadcasting, video dan audio conference dan lainnya.

Dikatakan Harjanto, selama berkarya 30 tahun, Binus berperan aktif mengembangkan pendidikan di Indonesia dan lembaga pendidikan itu telah menerbitkan buku bertajuk "Binus Value: A Journey in Educating The Nation", yang merupakan sejarah perjalanan Binus selama 30 tahun berkiprah dalam dunia pendidikan.

Berawal dari lembaga komputer di Jakarta, kini berkembang menjadi lembaga pendidikan hingga program pascasarjana kelas dunia, kata Michael Wijaya MBA, Board of Management Binus Bina.

Tahun 1974, Binus lahir sebagai perintis lembaga pendidikan komputer bernama Modern Computer Course (MCC) di Jakarta. MCC menjadi landasan emas bagi pengembangan Binus menjadi Lembaga Pendidikan Formal.

Michael Wijaya menambahkan, Binus value berisikan empat nilai yang mendukung perjalanan Binus selama ini.

Pertama, Binus mempunyai komitmen untuk berkontribusi melahirkan manusia-manusia unggul. Fokus dan tanggung jawab dalam pencapaian visi-misi serta komitmen dengan contoh nyata.

Kedua, seluruh mahasiswa, pengajar, dan staf diberikan kesempatan untuk melakukan inovasi demi kemajuan organisasi melalui integritas tinggi. Dengan wawasan pengalaman yang dimiliki, selalu berorientasi pada hasil yang ingin dicapai, kata dia.

Ketiga, Binus melihat peluang untuk menciptakan tren bagi pendidikan Indonesia sehingga terus menciptakan pengembangan bagi pendidikan.

Keempat, Binus adalah milik semua, bukan milik suatu daerah atau ras tertentu. Seluruh mahasiswa, pengajar, dan staf ikut berpartisipasi dalam inovasi dengan rasa memiliki yang kuat.

Binus, kata dia, senantiasa berupaya membuat perbaikan dan perubahan dalam mewujudkan institusi pendidikan kelas dunia.

Binus telah bekerjasama dengan sejumlah universitas terkemuka di dunia, juga penerapan kurikulum IB dan Cambridge untuk sekolah internasional BINUS. Bekerjasama dengan IBM, Binus menerapkan aplikasi SAP disetiap unitnya.

"SAP merupakan perangkat lunak strategis bagi pencapaian visi tersebut," kata Stephen Wahyudi Santoso, Board of Management Binus.

Kampus pengembangan di Alam Sutera dioperasikan pada September 2011. Kampus ini nantinya, menjadi cikal bakal pengembangan kampus Binus di Alam Sutera pada 2013.

Binus juga sedang melakukan pembangunan tahap ke-3 Binus International School Serpong dan Binus Institute of Art and Design pada 2015 di wilayah Jakarta Selatan.(T.G001/Y006)


ANTARAnews

Henry Subyakto: Era Konvergensi Sulit Bedakan Kerja dan Main

Denpasar (ANTARA News) - Dr Henry Subyakto, pengajar Hukum Media di FISIP Unair mengingatkan, perkembangan era baru digital konvergensi yang sudah memasuki masa revolusi komunikasi, juga menimbulkan kondisi yang sulit untuk membedakan antara bekerja dan main-main.

"Orang-orang di kantor, secara umum disebut bekerja. Tetapi kenyataannya sebagian waktu mereka tak terlepas dari main-main menggunakan komputer, laptop dan telepon seluler dengan akses internet," katanya saat memaparkan perkembangan media massa kini dan mendatang di Perum LKBN ANTARA Biro Bali di Denpasar.

Sebaliknya, mereka yang menggunakan akses internet baik dengan komputer, laptop atau telepon seluler di rumah, warnet atau di luar kantor lainnya, walaupun secara umum belum bisa disebut bekerja, namun banyak yang justru menghasilkan, layaknya orang bekerja, kata Henry yang juga staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika bidang media massa.

Pejabat yang hampir setiap minggu terbang ke berbagai kota dan daerah memenuhi undangan menjadi pembicara atau melaksanakan tugas Kemenkominfo itu menilai bahwa kini kondisi dunia kerja, termasuk di bidang media massa, berada pada masa transisi terkait keberadaan kantor dengan arti bekerja yang perlu disesuaikan.

"Rekan-rekan jurnalis atau yang menggeluti bisnis online, bisa bekerja di mana saja, tidak harus di kantor. Ke depan fungsi dari keberadaan kantor akan terus berkurang. Bahkan mungkin kelak lebih dominan sebagai simbol," katanya.

Terkait perkembangan media massa, dia menilai koran telah menjadi masa lalu seiring perkembangan era digital konvergensi. Seperti di Amerika Serikat, grafik pertumbuhan media online terus menanjak, televisi mendatar, sedangkan radio dan media cetak semakin menurun.

Menurut Henry yang juga Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA itu, grafik peningkatan pengguna internet di Amerika Serikat terus meningkat, sebanding dengan penurunan pengguna media cetak. "Di kita juga terjadi kecenderungan seperti itu, hanya saja dengan tingkat pertumbuhan dan penurunan berbeda," ucapnya.

Dia juga memaparkan perkembangan indikator perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia tahun 2010, yang ditandai melonjaknya pengguna telepon seluler hingga 170 juta, penerima televisi di rumah 40 juta, internet 38 juta, jaring sosial Facebook 26,8 juta, pemakai telepon 25,6 juta, media cetak 16 juta dan pengguna broadband atau pita lebar sudah mencapai 10 juta.

Karakter perkembangan masyarakat di era digital konvergensi yang cenderung membawa peralatan komunikasi yang mudah dibawa (portable), semakin bersikap personal dan berpartisipasi secara langsung seperti melalui jejaring sosial, akan semakin mendorong tegaknya demokrasi.

Namun hal itu tak terlepas dari penguasaan berbagai media oleh kaum kapitalis liberalis yang cenderung memanfaatkan media untuk tujuan kepentingan politik, bisnis atau hal lainnya, tambahnya.(*)(T.T007/E001)


ANTARAnews

Sabtu, 26 Februari 2011

WatchGuard Gaet Data Global Arungi Pasar TI Indonesia

XCS 770R (Ist.)

Jakarta - WatchGuard Technologies, penyedia solusi keamanan bisnis, menggaet PT Data Global Komukatama sebagai distributor. Kolaborasi keduanya pun diklaim akan mampu menaklukkan pasar TI Tanah Air.

Elaine Loh, Southeast Asia Sales Director WatchGuard mengatakan, Asia Tenggara adalah pasar yang penting bagi WatchGuard di tahun 2011 untuk terus tumbuh.

"Kami ingin memperluas kehadiran kami di kawasan ini melalui berbagai kemitraan yang erat. Indonesia menawarkan potensi pasar yang sangat besar," imbuhnya, dalam keterangannya yang dikutip detikINET, Sabtu (26/2/2011).

Menurut Isak Utomo, Direktur Data Global, kemitraan yang terjalin ini tepat pada saat pasar membutuhkan solusi jaringan yang terjangkau, bisa berkembang, mudah digelar dan digunakan.

"Kami siap memasuki pasar dengan solusi WatchGuard dan akan berinvestasi secara agresif dalam program kemitraan untuk mendorong pangsa pasar dan profitabilitas di Indonesia," tukasnya.

Data Global tentunya akan membawa berbagai teknologi dan solusi terkini dari WatchGuard ke Indonesia. Salah satunya adalah piranti XCS 770R guna menangani perkembangan ancaman gabungan dan malware dengan mengamankan pesan email yang masuk dan keluar serta proteksi konten web.( ash / ash )


detikInet

Multiply Akan Manjakan Pemilik Toko Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Bergembiralah buat para pemilik toko online yang selama ini telah menggunakan Multiply untuk membuka gerai penjualannya. Bagi yang belum, Multiply mungkin bakal menjadi pilihan lebih menarik dalam waktu dekat.

Hal ini karena Multiply bakal memanjakan para penggunanya dengan fitur dan layanan yang sesuai kebutuhan berjualan secara online. Multiply pun telah menegaskan diri bukan lagi sekadar situs untuk berbagi artikel, foto, dan video, tapi memang tempat berjualan online.

"Kami sekarang menegaskan diri sebagai penyedia layanan platform e-commerce. Kami akan tetap menyediakan fitur-fitur yang sudah ada seperti untuk ngeblog, tapi kami akan fokus pada pengembangan layanan e-commerce untuk pengguna," jelas Peter Pezaris, pendiri dan CEO Multiply dalam perbincangan dengan media di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Ia mengatakan dalam waktu dekat Multiply akan mulai menambah fitur-fitur yang mempermudah para penjual untuk berdagang secara online. Saat ini sudah ada layanan marketplace tempat memajang barang dagangan. Nantinya, bakal ada fitur pembayaran transaksi online. Peter Pezaris masih enggan mengungkap seperti apa layanan tersebut, namun berjanji akan membuat pemilik toko lebih nyaman menggunakan Multiply sebagai toko online-nya.

Tidak hanya itu, pengguna di Indonesia juga bakal lebih dimanjakan lagi karena kini Multiply telah membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Dipimpin Daniel Tumiwa sebagai Country Manager Multiply Indonesia akan membantu para pengguna Multiply memanfaatkan layanan tersebut sesuai kebutuhan di Indonesia.

"Kami akan mengumumkan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain. Shopping with social. Ini akan menjadi hal yang menarik berbelanja sambil bersosialisasi," kata Daniel Tumiwa. Ia mengatakan, orang bisa mempromosikan produknya di mana saja, namun toko onlinenya bakal tetap di Multiply.

Salah satu kelebihan Multiply untuk membuka toko online, menurut Daniel, salah satunya adalah tampilan yang sesuai. Fitur album foto yang memungkinkan pengguna menampilkan foto dalam resolusi tinggi termasuk yang juga mendukung kegiatan jual beli online yang umumnya membutuhkan bukti barang yang dijual. Ke depan, kata Daniel, fitur-fitur social media dan komunikasi bakal ditambahkan di Multiply.


KOMPAS

Data dan Fakta Tentang Laki-laki Indonesia di Situs Jejaring Sosial

rnw.nl

TEMPO Interaktif, Jakarta -Berhati-hatilah jika Anda meletakkan informasi pribadi di situs jejaring sosial. Ini peringatan yang dicantumkan situs salingsilang.com di dunia maya.

Apalagi jika Anda berusia di bawah 18 tahun, tinggal di Jakarta, dan menikah. Sebab, ini yang menarik, lebih dari 400 ribu orang menyatakan tertarik pada laki-laki di jejaring sosialnya.

Salingsilang.com mencatat pengguna Facebook di Indonesia mencapai hampir 35 juta orang per Januari lalu. Sebanyak 20,7 juta orang berjenis kelamin laki-laki dan sisanya perempuan.

Dari angka itu lebih dari 483 ribu mengaku tertarik tinggal di Jakarta dan 197 ribu tinggal di Jakarta. Yang mengaku menikah hanya 23 ribu dan tiga ribu lebih mengaku berumur di bawah 18 tahun.

“Kami tidak berpretensi apa pun, tetapi data yang muncul di Facebook seperti itu," ujar Managing Director PT Saling Silang, Enda Nasution, kepada Tempo, Jumat (25/2).

Enda menjelaskan dari data status pengguna Facebook di Indonesia yang dirangkum selama Januari lalu, 56 persen laki-laki tidak mencantumkan informasi statusnya.

Yang mengaku lajang 19 persen, mengaku menikah 10 persen, mengaku berhubungan 11 persen, dan yang mengaku bertunangan 4 persen.

Sedangkan untuk pengguna perempuan 45 persen tidak memberikan info statusnya. Mereka yang mengaku single sebanyak 19 persen, menikah 14 persen, berhubungan 16 persen, dan bertunangan 6 persen.

Data yang dikemukakan Enda ini hanya sebagian data tentang jejaring sosial dan media blog di Indonesia. Untuk microblogging Twitter Indonesia saat ini menyumbang 15 persen dari semua tweet secara global dan menempati urutan ketiga pengguna twitter di dunia.

Tak kurang dari 4,8 juta akun telah muncul hingga Januari lalu dan menghasilkan 22,7 juta tweets.

Yang menarik, para tweeps atau pengguna twitter ini mulai aktif ngetwit mulai pukul 00.00. Waktu utama paling tinggi untuk ngetweet mulai pukul 18.00 hingga 22.00. Setelah itu grafiknya menurun.

Tipe aktivitas yang nge-tweet atau melempar pernyataan sebanyak 47 persen, 53 persen lainnya lebih banyak mengekor alias meretweet.

Trending topics tentang bola pada Januari lalu cukup besar mencapai 20,17 persen, 30 persen didominasi topik lain yang tidak diketahui. Tetapi mengalahkan topik musik, program televisi, berita, event atau pop korea.

Tweep Indonesia paling banyak menggunakan platform Ubertwitter (43 persen) disusul API dan Twitter for Blackberry.

Sedangkan link yang banyak dibagi di twitter didominasi aplikasi twitter, media tradisional, dan game. Sedangkan untuk blog, di Indonesia saat ini tercatat 4,1 juta blogs. Namun rupanya penulis blog di Indonesia ini agak malas memperbarui blognya.

Tercatat hanya 32,67 persen blog terlacak diperbarui dalam tiga bulan terakhir. Menariknya ada di Indonesia juga ada 27 persen tren blog berisi hal-hal yang berhubungan dengan budaya pop korea.[DIAN YULIASTUTI]


TEMPOInteraktif

Mengintip Gaji Lewat Gajimu.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebuah portal memperkenalkan hasil survei tentang gaji berbagai profesi. Situs www.gajimu.com ini bisa menjadi alat untuk memantau besaran gaji bagi para karyawan dan pencari kerja

Gajimu.com mempunyai beberapa kanal informasi, seperti survei gaji, cek gaji, gaji minimum, gaji pejabat negara, gaji selebritas, dan tips karier. Sayangnya belum banyak informasi gaji dan jenis pekerjaan di Indonesia.

Survei gaji ini dicetuskan oleh Wage Indicator Belanda. Mereka menjabarkan data yang diperoleh dari 190 ribu kuesnioner yang diisi pengunjung situs ini selama 2009-2010 di seluruh dunia.

Di Indonesia mereka mendapatkan dari 5.200 responden selama sembilan bulan hingga Februari ini. Mereka mendapatkan hasil analisa gaji dan upah lembur di 23 negara.

Anggota tim Wage Indikator Nadia Pralitasari mengatakan hasil yang diperoleh dari survei ini cukup menarik. Menurutnya semakin banyak pengisi survei ini datanya makin akurat.

"Dan ini bisa menjadi acuan mengukur gaji kita saat ini, calon karyawan juga penting melihat besaran upah ini," ujar Nadia di Jakarta.

Menurut data yang masuk, empat dari 10 pekerja tahun lalu bekerja melebihi jam kerja yang ditentukan.

Di Indonesia dari 5200 responden, 34 persen bekerja lembur atau melebihi jam kerja. Ironisnya hanya 6,6 persen yang mendapatkan upah lembur.

Hasil lainnya yakni ternyata ketidakpuasan akan penghasilan berbanding terbalik dengan kepuasan hidup.

Hampir separuh responden mengatakan tidak puas dengan gajinya. Hanya 19 persen yang puas dan 13 persen sisanya mengaku tak peduli.

Tetapi 65 persen responden mengaku memilih lima tingkat kepuasan tertinggi. "Berarti responden bahagia dengan hidupnya. Faktor yang dominan adalah mereka senang dengan kesehatan mereka," ucap Nadia.

Umumnya para responden ini senang dengan pekerjaannya meski gajinya kurang memuaskan karena faktor lingkungan kerja dan kolega yang baik.

Ketua AJI Indonesia Nezar Patria mengatakan situs ini cukup menarik meskipun belum lengkap, terutama perbandingan data di negara yang tingkat produktivitasnya tinggi seperti Jepang, Cina, dan Korea Selatan.

Nezar juga mengatakan saat ini cara paling jitu untuk menaikkan gaji adalah berpindah tempat kerja. Bidang media merupakan salah satu bidang yang sangat dinamis. Perpindahan awak perusahaan media di semua lini sangat tinggi.

Nezar juga menjelaskan hasil survei gaji atau upah layak untuk wartawan. Dari hasil survei 26 kota hampir sebagian media belum memenuhi standar upah layak untuk jurnalis.

"Di Jakarta saja standar Rp 4,7 juta untuk jurnalis lajang yang baru diangkat belum terpenuhi," ujar Nezar.

Di situs ini pengunjung bisa melihat upah minimum semua kota, berapa rata-rata penghasilan beberapa profesi seperti sopir, perawat, sekretaris, dan tenaga lepas.

Pengujung juga bisa menghitung gaji mereka sendiri. Meski jenis pekerjaan belum terlalu komplet, pengunjung masih bisa mendapatkan beberapa aturan ketenagakerjaan dan tips berkarir.[DIAN YULIASTUTI]


TEMPOInteraktif

Tawarkan Fitur Baru Kelas Berat, Antivirus Gratisan avast! 6 Dirilis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sudah lama diantisipasi, avast! versi 6 akhirnya dirilis. Hal terbaik yang diakui dari program antivirus ini adalah set keamanan kelas berat yang bisa diperoleh pengguna , mutlak secara cuma-cuma.

Tak ada perkecualian dalam edisi terbaru, juga tak berbayar, namun dengan kualitas jauh lebih mumpuni. Muncul sejumlah teknologi tambahan yang sebagian besar hanya ditemukan dalam produk berbayar.

Menginstal aplikasi tidak butuh waktu lama dan layar-layar pemandu penginstalan yang harus anda lewati sangat tipikal dengan program-program lain sejenis. Anda hanya akan diminta memilih konfigurasi (serta menyaksikan daftar panjang lapisan-lapisan pelindung) antara jenis tipikal atau minimal, atau tipe kostumisasi sesuai kebutuhan.

Dalam pengujian tidak ada perbedaan antara pengaturan dua langkah pertama. Modul yang ditawarkan pun sama dengan versi terdahulu. Bahkan ukuran file yang diinstal sama dengan yang tertera dalam layar konfigurasi.

Langkah berikut anda akan ditawari untuk menginstal Google Chrome dalam sistem, bila kehadiran browser web tidak terdeteksi dalam komputer anda. Anda bisa melewati dan langsung menuju prosedur instalasi berikut dan membuat restore poin sebelum menempatkan semua file ke dalam komputer.

Semua produk antivirus saat ini menyajikan pilihan quick scan (pemindaian cepat), sesegera mungkin begitu proses instalasi selesai, tak terkecuali avast!. Dalam pengetesan memang tak terlihat estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu, atau muncul balok yang merekam kemajuan pemindaian. Namun, berdasar pengamatan Softpedia, quick scan yang dilakukan berlangsung sangat cepat.

Program ini menyediakan pemutakhiran otomatis yang terhubung ke basis data asli perilis program. Kemudian langkah terakhir penginstalan adalah pendaftaran aplikasi demi memperoleh manfaat layanan dalam periode lebih lama dari 30 hari.

Menduduki tempat teratas dalam daftar perubahan avast! 6 adalah fitur AutoSandbox. Tujuan fitur ini adalah untuk mematikan file-file mencurigakan dalam lingkungan yang terisolasi dari sistem anda. Langkah itu dilakukan berdasar perilaku file tersebut, apakah mencerminkan ancaman atau tidak.

Kabar baik dari freeware ini, avast! 6 hadir dengan antarmuka ramah yang mudah digunakan serupa dengan versi sebelumnya. Ia menampilkan pula statistik cepat untuk setiap komponen perlindungan yang menjadi titik berat software.

Rangkaian lapisan pelindung telah ditingkatkan menjadi 8 lapis. Kini program ini juga menjaga anda aman dan terlindung dari eksekusi skrip yang kerap berjalan sembunyi-sembunyi di sistem PC anda.

Aplikasi juga memberikan kemanan ketat terhadap malware yang mencoba meraih sistem, terutama lewat pengunduhan P2P, berbagi file lewat fasilitas pesan instan, email atau jaringan.

AutoSandbox terbukti menjadi aset besar dalam sistem mengingat ia tetap membiarkan anda menjalankn program berpotensi tak diinginkan namun dalam lingkungan terisolasi. Proses itu pun berjalan tanpa mempengaruhi data anda. Penghadang laman-laman tak diinginkan juga menjadi tambahan manis dari beberapa fitur baru.

Hanya saja, beberapa kejadian kurang sedap muncul pula pada pengoperasian avast! 6. Aplikasi mengalami crash ketika ia diuji coba menghadapi ancaman tertentu. Fitur WebRep yang berfungi mengidentifikasi laman di internet dalam tingkatan skala bahaya, dianggap masih pemula. Ia tak begitu banyak membantu hingga sejumlah pengguna dan penulis kode mulai berkontribusi lewat rating--sehingga ada alasan pengembang avast! untuk memutakhirkan program mereka.

Namun di atas itu semua, avast! 6 tetap menjadi salah satu solusi pembunuh virus gratis di pasaran. Ia didesain dengan standar rata-rata namun pilihan fitur diberikan bagi pengguna lebih canggih. Dalam pengetesan terbatas, program ini mampu mendeteksi dan menghadang sebagian besar ancaman utama.

Software ini cocok digunakan oleh komputer kebanyakan. Namun OS yang direkomendasikan adalah Windows 7 karena tidak menambah beban terhadap sistem.


Republika

UMY Ciptakan Alat Pengukur Karbonmonoksida

YOGYAKARTA--MICOM: Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Muhammad Syukri menciptakan alat pengukur karbonmonoksida di udara yang dapat diakses melalui telepon seluler.

"Melalui alat itu masyarakat dapat mengetahui tingkat kadar karbonmonoksida (CO) yang ada di udara, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya udara yang bersih," kata Muhammad Syukri di Yogyakarta, Sabtu (26/2).

Menurut dia, alat tersebut mampu diakses melalui telepon seluler, sehingga masyarakat yang ingin mengetahui kadar pencemaran gas karbonmonoksida di suatu tempat dapat mengaksesnya. Alat itu juga dapat digunakan lembaga pemerintah untuk memantau tingkat polusi udara.

"Cara kerja alat ini cukup sederhana, yakni diletakkan di tempat yang diduga banyak polusi misalnya ruangan untuk merokok, jalan raya, terminal, garasi, dan tempat parkir. Alat itu sudah dilengkapi sensor, sehingga ketika ada asap atau udara yang mengandung gas karbonmonoksida, langsung akan terdeteksi," katanya.

Selanjutnya sinyal akan diteruskan ke mikrokontroler, sebuah alat yang digunakan untuk memproses atau mengolah dan mengontrol sinyal masukan. Alat itu kemudian disambungkan dengan sebuah telepon seluler yang berfungsi menerima pesan dan membalas pesan yang masuk.

"Jika ingin mengetahui kadar karbonmonoksida suatu tempat, orang tinggal mengirimkan pesan pendek (sms) dengan format tertentu ke nomor telepon seluler yang telah disambungkan ke alat tersebut," katanya.

Menurut dia, jika ingin mengetahui kadar karbonmonoksida, orang tinggal sms dengan mengetik DT dan dikirimkan ke nomor telepon seluler yang sudah disambungkan, dan pesan tersebut akan masuk dan dibalas oleh alat itu. Misalnya, memperoleh balasan sms kadar CO:25 ppm.

"Saya berharap melalui alat ini akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui kadar karbonmonoksida di lokasi tertentu tanpa harus menunggu di tempat itu. Tinggal meletakkan alat tersebut, kemudian mengirimkan sms, dan akan diketahui hasilnya," katanya.

Dengan demikian, kata dia, ketika mengetahui tingginya kadar karbonmonoksida akan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya udara bersih, dan bahaya polusi udara.

Ia mengatakan karbonmonoksida berbahaya bagi manusia. Pada kadar 100 hingga 800 part per million (ppm) dapat menyebabkan sakit kepala, rasa mual, dan muntah.

"Pada tingkat yang lebih tinggi dapat menyebabkan ketidaksadaran, kerusakan otak, bahkan kematian. Sifat-sifat itulah yang kemudian menjadikan gas CO dijuluki sebagai pembunuh diam-diam atau the silent killer," katanya. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia

Jumat, 25 Februari 2011

Semburan Lumpur Lapindo Baru Berhenti 26 Tahun Lagi

TEMPO Interaktif, Jakarta -Semburan lumpur panas Lapindo, yang sudah berlangsung selama lima tahun, diprediksi baru akan padam sekitar 26 tahun lagi.

Temuan tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of the Geological Society edisi terbitan bulan ini.

Prediksi yang ditulis oleh Richard Davies dan kawan-kawan itu dianggap paling dapat dipercaya sejauh ini.

Davies, ahli geologi dari Universitas Durham, Inggris, mengatakan sebelum ini sulit untuk memprediksi kapan semburan lumpur Lapindo bakal padam.

Sebab, kata dia, banyak faktor yang mempengaruhi. “Kami pernah melakukan estimasi pada 2008, tapi kini metodologi yang digunakan lebih maju,” katanya.

Selain itu, Davies menambahkan, dalam tiga tahun terakhir banyak perdebatan tentang apa penyebab utama semburan itu sesungguhnya.

“Sekarang kita bergerak dari ingin mengetahui penyebabnya menjadi mencari tahu kapan semburan akan berhenti,” tutur Davies.

Penyebab semburan tetap menjadi perdebatan menarik. Ada yang percaya bahwa ini akibat kesalahan pengeboran ada pula yang percaya bahwa gempa bumi berkekuatan 6,3 pada skala Richter penyebabnya.

Sejak 29 Mei 2006, sumur Lapindo menyemburkan lumpur setara dengan 40 kolam renang standar Olimpiade setiap harinya. Namun kini mulai berkurang.

Menurut Davies, kuatnya semburan lumpur Lapindo berarti lumpur dan gas yang ada di bawah Sidoarjo sangat banyak. Ini bisa berlangsung puluhan tahun. AFP | FIRMAN


TEMPOInteraktif

Indonesia Pasar Terbesar Multiply

Peter Pezaris, pendiri dan CEO Multiply.

JAKARTA, KOMPAS.com
- Setelah beroperasi selama 7 tahun, Multiply akhirnya membuka kantor cabang di Indonesia. Perwakiilan Multiply di Indonesia dipimpin Daniel Tumiwa sebagai Country Manager sejak Oktober 2010 lalu dan akan membuka kantor pertamanya di Jakarta, April mendatang.

Tidak banyak perusahaan online yang serta merta membuka kantor di Indonesia meski layanannya sangat populer di sini. Di antaranya, Yahoo yang sudah punya perwakilan, sementara Google, Facebook, maupun Twitter belum berencana membuka kantor di sini.

Kehadiran kantor perwakilan di Indonesia menunjukkan keseriusan Multiply untuk menggarap pasar di Indonesia. Apa gerangan yang melatarbelakangi Multiply sehingga baru masuk ke Indonesia sekarang?

"Waktunya tepat. Indonesia saat ini merupakan negara di peringkat pertama dalam hal jumlah pengunjung di Multiply dan pertumbuhan pengguna tertinggi," kata Peter Pezaris, pendiri dan CEO Multiply dalam perbincangan dengan media di Jakarta, Jumat (25/2/2011), didampingi Country Manager Multiply di Indonesia Daniel Tumiwa.

Ia mengatakan, saat ini Multiply dikunjungi sekitar 5 juta orang setiap bulan. Situs yang awalnya ditujukan untuk menyediakan layanan berbagi artikel, foto, dan video tersebut kini juga telah berkembang menjadi tempat pilihan membuka gerai penjualan secara online. Pengguna di Indonesia termasuk banyak yang membuka gerai online di Multiply. Saat ini, jumlah gerai online di Indonesia telah mencapai 25.000 merchant dan tumbuh rata-rata 2.000 gerai setiap bulan.

"Indonesia adalah pasar yang kami lihat sangat potensial. Operasional dan jumlah staf di Indonesia mungkin yang paling besar daripada di negara lain," ujar Peter Pezaris. Sebelumnya, Daniel Tumiwa berjanji kantor perwakilan Multiply di Indonesia akan dibuka mulai April mendatang dengan jumlah staf sekitar 35 orang.


KOMPAS

Multiply Segera Buka Kantor di Indonesia

Daniel Tumiwa (kiri) Country Manager Multiply Indonesia dan Peter Pezaris, Pendiri dan CEO Multiply di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com
- Penyedia layanan online Multiply dalam waktu dekat akan segera membuka kantor cabangnya di Indonesia. Multiply telah menunjuk Daniel Tumiwa sebagai Country Manager sejak Oktober 2010 lalu dan akan membuka kantor April mendatang.

"Saya bisa katakan bulan April bisa jalan. Sampai Maret akan ada 35 orang staf yang direkrut," kata Daniel Tumiwa dalam perbincangan di Jakarta, Jumat (25/2/2011). Dengan membuka akntor di Indonesia, Multiply akan fokus melakukan program marketing dan membantu pengguna agar dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan lebih baik.

Ia mengatakan, program pertama yang akan dilakukannya adalah edukasi kepada pengguna Multiply maupun pengguna internet di Indonesia. menurutnya, Multiply yang telah berusia 7 tahun selama ini mungkin sudah dikenal, namun banyak pula pengguna yang mulai beralih ke layanan lain.

"Kalau ditanya mau dibawa ke arah mana Multiply, tentu tujuannya untuk para merchant. Kami ingin mencapai suatu titik di mana, mercahant memilih berjualan di Multiply daripada di tempat lain. promosi mungkin bisa di mana saja, tapi jualannya di Multiply," ujar Daniel yang sudah berpengalaman di berbagai perusahaan yang mengusung merek global.

Daniel selama ini dikenal sebaai salah satu orang yang terlibat langsung dalma kelahiran MTV Indonesia. Ia juga yang mulai mempopulerkan ring back tones, full track download, dan digital right management di pasar musik digital di Indonesia dengan mendirikan Digital Music Market saat menjabat Direktur Marketing dan Penjualan Universal Music Indonesia. Ia juga terlibat dalam pengenalan kampanye No Frill Flying saat Air Asia diluncurkan di Indonesia. Terakhir ia memimpin digital media di PT Djarum dan membawa 7Langit sebagai pengembang aplikasi mobile.

Ia mengatakan mulai tahun ini, Multiply akan menambah fitur-fitur baru yang memudahkan pengguna membuka gerai online. Saat ini sudah ada layanan Marketplace sebagai tempat promosi toko online dan barang yang akan dijual. Ke depan, fitur social media akan diperkuat untuk memudahkan penjual dan pembeli melakukan komunikasi dan transaksi.

Multiply berawal sebagai layanan berbagi artikel, foto, dan video di internet sejak tahun 2004. Namun, dalam perkembangannya banyak pengguna yang memanfaatkannya untuk membuka gerai toko online. Berkantor pusat di Boca Raton, Florida, AS, Multiply adalah anak perusahaan Myriad International Holdings yang satu grup dengan Naspers Limited, konglomerat media multinasional yang berpusat di Afrika Selatan.


KOMPAS

Uji Jaringan, Telepon ke Sesama Flexi Gratis

Jakarta - Telkom ingin memperkuat posisi Flexi di pasar fixed wireless access (FWA) dengan memperkuat infrastruktur jaringannya. Untuk menguji kemampuan jaringannya, digelarlah program telepon gratis ke sesama pelanggan Flexi.

"Tujuan utama dibuatnya program pemasaran ini untuk memperkokoh positioning Flexi sebagai operator penyedia jasa telekomunikasi paling irit," kata Executive General Manager Telkom Flexi, Mas'ud Khamid di Sarinah, Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Telkom sendiri baru saja meluncurkan program Flexi Bebas Bicara dengan tarif Rp 0 ke sesama pelanggan (on-net) tanpa syarat dan registrasi.

Program yang berlaku mulai hari ini hingga Desember 2011 itu dapat digunakan pelanggan Flexi prabayar (Trendy) maupun pascabayar (Classy) di wilayah Jabodetabek Serang, Karawang, Purwakarta (Sekapur), Rangkasbitung, Pandeglang, dan Banten.

"Kami baru saja selesai melakukan pembenahan sebagian besar jaringan dan
infrastuktur. Selama ini BTS (Base Transceiver Station), BSC (Base Station
Controller), dan MSC (Mobile Switching Controller) dihubungkan dengan radiolink, sekarang diganti dengan serat optik. Perubahan ini signifikan menaikkan kualitas dan kapasitas," jelas Mas'ud.

Dijelaskannya, ada sekitar empat juta pelanggan di Jabodetabek, Sekapur, Rangkasbitung, Pandeglang, dan Banten yang dapat menikmati program Flexi Bebas Bicara.

Pengguna Flexi bisa menelepon sehari penuh selama 24 jam tanpa time band. Selain gratis melakukan percakapan lokal ke sesama, pengguna Flexi juga bisa menikmati gratis nelpon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) antar kode area tersebut.

Sementara, bagi pelanggan Flexi lain yang melakukan Combo di dalam wilayah program ini dapat ikut menikmati benefit dari program Flexi Bebas Bicara Rp 0.

Selanjutnya diharapkan Mas'ud, pelanggan Flexi pada 2011 bisa tumbuh sekitar 10%-11% setelah pada 2010 berhasil memikat 18 juta pengguna dengan Average Revenue Per User (ARPU/rata-rata penggunaan per pelanggan) sekitar Rp 30 ribu per bulan.

"Kami lebih optimistis menatap tahun ini karena jaringan semakin modern sehingga bisa menggarap mobile broadband lebih serius selain suara dan SMS," tegasnya.( rou / rns )


detikInet

Daya Beli Produk TI di Bogor Meningkat Pesat

Jakarta - Minat masyarakat Bogor akan produk berbau teknologi, khususnya gadget seperti laptop dan tablet PC, tengah berkembang pesat. Itu sebabnya, daerah yang dijuluki Kota Hujan ini mulai diserbu oleh para distributor produk TI.

Salah satunya ialah PT Satusolusi Intermedia Utama, distributor produk teknologi yang menyediakan layanan purna jual dan pemasaran ritel untuk produk Sony dan Samsung.

"Ada tiga alasan mengapa Bogor tengah berkembang, booming infrastruktur yang bagus, jumlah penduduk yang banyak, dan daya beli yang meningkat," kata Abbi Angkasa Perdana, Presiden Direktur Satusolusi Intermedia Utama, kepada detikINET di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Menurutnya, Bogor merupakan pasar yang potensial bagi lahan bisnis produk teknologi karena belum banyak pemain besar yang mengeksplorasi pasar di daerah tersebut. "Kami coba memanfaatkan momentum ini mumpung kebutuhan akan gadget mutakhir sedang tinggi di Bogor," kata Abbi.

Sejumlah alasan itu pula yang membuat Satu Solusi yakin untuk membuka Samsung Center dan Sony Center di Mal Botani Square, Bogor. Rencananya, kedua pusat layanan produk TI tersebut akan mulai beroperasi, Minggu 27 Pebruari 2011.( rou / ash )


detikInet

Situs PSSI Jebol, Akun Pengguna Terancam 'Ditelanjangi'

Username & password yang dibobol

Jakarta - Sekelompok hacker mengklaim telah berhasil membobol situs Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Tak ayal, sejumlah akun pengguna situs tersebut pun dapat dengan mudah 'ditelanjangi' dedemit maya.

Peretas yang mengklaim membobol situs PSSI membeberkan beberapa kelemahan situs tersebut. Seperti lemahnya proteksi terhadap script ilegal yang bisa disuntikkan ke dalam database. Modus ini biasa dikenal dengan teknik SQL Injection.

Hal itu pun bukan kelakar belaka. Sebab, pelaku menunjukkan kepada detikINET username dan password pengguna situs PSSI yang bisa dengan mudah didapat.

"Aku sudah kasih informasi kepada administrator dengan membuat table baru di dalam database. Script seperti ini seharusnya sudah di-patch (ditambal)," ujar pelaku yang tidak ingin disebutkan identitasnya, Jumat (25/2/2011).

Meski telah berhasil masuk ke dalam situs PSSI, namun hingga kini pelaku belum ada niat untuk merusak database atau mengubah tampilan situs (deface) seperti penyerangan pada umumnya.( eno / ash )


detikInet

Perancis Tawarkan Satelit Nonkomersial

Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com
— Pemerintah Perancis menawarkan kepada Indonesia satelit nonkomersial yang dapat digunakan antara lain untuk meramalkan cuaca dan iklim. Perancis memang dikenal memiliki kapasitas untuk mengembangkan satelit.

"Di samping investasi lain, Perancis juga memasukkan sejumlah usulan, antara lain di bidang kelistrikan dan satelit. Perancis sangat akrab dalam meluncurkan satelit. Oleh karena itu, mereka menawarkan satelit-satelit nonkomersial, misalnya untuk ramalan cuaca untuk iklim ekstrem dan pertahanan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Hatta telah berunding dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Industri Perancis Christine Lagarde dengan delegasinya, yang antara lain terdiri atas 40 pemimpin bisnis asal Perancis. Dalam pertemuan itulah muncul tawaran satelit tersebut.

Saat ini sekitar 100 perusahaan asal Perancis menanamkan modal di Indonesia. Mereka antara lain perusahaan ritel Carrefour, perusahaan minyak Total, dan AXA Insurance. "Mereka membawa 40 pengusaha mulai Total sampai perusahaan yang baru ke Indonesia. Saya melihat ada optimisme dari Perancis untuk mendapatkan investasi yang cukup besar," ujar Hatta.


KOMPAS

Intel: Indonesia Pasar yang Sangat Menarik

Santhosh ViswanathaN, Country Manager Intel Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com
— Intel menunjuk Santhosh Viswanathan sebagai Country Manager yang baru di Indonesia sejak Oktober 2010. Santosh bertanggung jawab terhadap seluruh operasional dan pengelolaan bisnis perusahaan produsen prosesor terbesar itu di Tanah Air. Dalam perbincangan dengan media, Kamis (24/2/2011), ia menegaskan komitmen Intel dalam mengembangkan pasar di Indonesia.

"Indonesia adalah pasar yang menarik, baik dilihat dari perspektif Asia Pasifik maupun dilihat dari perspektif global," kata Santosh. Salah satu alasannya, pertumbuhan pengguna internet yang sangat pesat. Pengguna layanan media sosial di Indonesia juga menjadi sorotan tersendiri baginya. Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna Facebook tertinggi di Asia Pasifik dan penetrasi pengguna Twitter tertinggi di dunia.

Santosh menyatakan, Intel berkomitmen mendorong ekosistem industri komputer di Tanah Air dengan menggandeng mitra lokal. Langkah itu antara lain dilakukan dengan tetap menyediakan box processor untuk pasar ritel dan secara rutin memberikan pendampingan teknis kepada para produsen komputer lokal. Tidak hanya itu, Intel juga akan membantu dalam hal pemasaran melalui berbagai saluran promosi yang dapat digunakan mitra lokal.

Selain itu, lanjut Santosh, Intel juga mendorong naiknya penetrasi pengguna PC di Indonesia. Menurutnya, hadirnya teknologi turut menjadi faktor yang akan memicu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Karena itu, Intel akan terus berupaya meningkatkan jumlah pengguna PC di Indonesia. Intel juga akan terus berupaya menggandeng mitra operator telekomunikasi agar teknologi yang telah disediakan dapat dimanfaatkan untuk terkoneksi ke internet.

"Saat ini penetrasi PC di Indonesia masih sangat rendah. Data terakhir baru sekitar 5 persen. Padahal, hasil riset menunjukkan bahwa penggunaan teknologi terkait dengan pertumbuhan ekonomi," ucap Santosh. Ia mengatakan, kenaikan penetrasi komputer sebesar 10 persen akan menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 1 persen.

Potensi pasar komputer di Indonesia dinilainya juga masih sangat tinggi dengan pertumbuhan hingga 60 persen pada tahun lalu. Meski digempur smartphone dan tablet, ia yakin pasar PC, notebook, dan netbook masih tetap tinggi karena menurutnya itu merupakan produk komplementer. Intel akan tetap mengembangkan netbook agar lebih hemat daya dan fungsional berbasis Atom generasi baru dan akan memperluas portofolio netbook, notebook, dan tablet dengan MeeGo.


KOMPAS

Fitur Urban English Telkomsel Raih Penghargaan Internasional

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Telkomsel Tbk berhasil meraih penghargaan tingkat internasional pada malam penganugerahan Global Mobile Awards 2011 di sela-sela berlangsungnya GSMA Mobile World Congress 2011 di Barcelona, Spanyol, baru-baru ini.

Predikat sebagai Best Mobile Learning Innovation untuk layanan Urban English menjadikan Telkomsel satu-satunya perusahaan telekomunikasi selular di Indonesia yang memperoleh pengakuan sebagai yang terbaik pada ajang penghargaan bagi perusahaan-perusahaan teknologi komunikasi dan informasi terkemuka di seluruh dunia tersebut.

"Penghargaan internasional ini merupakan bukti bahwa kami terus berinovasi dalam memberikan layanan berkualitas, sejalan dengan misi Telkomsel untuk menjadi penyedia solusi layanan mobile lifestyle terbaik dan terdepan di Asia Pasifik,” kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno.

Dewan juri Global Mobile Awards 2011 menilai Urban English sebagai “sebuah inovasi sederhana dan menarik yang mudah digunakan dengan memanfaatkan layanan suara untuk melayani pelanggan”. Pada ajang penghargaan bertaraf internasional tersebut, Urban English berhasil mengungguli inovasi mobile learning lainnya, yakni program BBC Learning English untuk BBC Janala, program inisiatif edukasi global Connect To Learn yang dikembangkan Ericsson bersama The Earth Institute Columbia University dan Millennium Promise, program Bridgeit yang dikembangkan Nokia dan The Pearson Foundation, dan CellCast Solution milik OnPoint Digital, Inc.

Urban English merupakan inovasi layanan edukasi Bahasa Inggris melalui ponsel pertama di Indonesia, hasil kerjasama Telkomsel dengan Urban Planet Mobile, sebuah perusahaan penyedia layanan mobile education yang berbasis di Amerika Serikat. Urban English memfasilitasi pelanggan untuk mempelajari Bahasa Inggris setiap hari melalui SMS audio. Metode pembelajaran yang mengombinasikan membaca dan mendengarkan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan berkomunikasi yang lebih baik, sehingga pelanggan bisa memahami pelajaran Bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Pelajaran Bahasa Inggris yang disediakan Urban English terfokus pada kata dan frase yang digunakan dalam berbagai situasi sosial untuk beragam kalangan, mulai dari pebisnis internasional hingga pelajar.

Pelanggan bisa memilih layanan pembelajaran Bahasa Inggris untuk pemula, pebisnis, bahkan Bahasa Inggris gaul yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Topik yang dibahas dalam Urban English pun bervariasi, seperti: hiburan, shopping, kuliner, dan sebagainya.

Pengguna kartuHALO, simPATI, dan Kartu As bisa berlangganan layanan Urban English hanya dengan Rp 500 untuk setiap SMS konten yang diterima. Caranya mudah, cukup hubungi *252*5# untuk memilih pelajaran Bahasa Inggris bagi Pemula, Bisnis, atau Gaul, selanjutnya pelanggan akan menerima SMS berisi link untuk memainkan audio pelajaran Bahasa Inggris setiap harinya. Layanan Urban English kini telah dinikmati sekitar 200.000 pelanggan Telkomsel.


Tribunnews

RI 'Tergoda' India Bangun Rumah Super Murah Rp 5-10 Juta

Jakarta - Rencana pengembangan rumah super murah seharga Rp 5-10 juta untuk orang miskin, ternyata terinspirasi dari India yang mampu membangun rumah seharga US$ 300 atau sekitar Rp 2,7 juta.

Hal ini yang membuat Presiden SBY melemparkan wacana pengembangan rumah super murah seharga Rp 5-10 juta per unit.

"Memang waktu kunjungan Pak Presiden ke India, disebutkan US$ 300 untuk rumah murah di India," kata Deputi Bidang Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Pangihutan Marpaung kepada detikFinance, Jumat (25/2/2011).

Pangihutan mengatakan dirinya memang pernah mendengar biaya pembangunan rumah sangat murah di India. Di India proses pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat berbahan dinding dari lumpur dengan beberapa kemungkinan bahan campuran agar lebih kuat.

Menurutnya jika hal itu dicoba di Indonesia, sangat mustahil dilakukan karena kondisi India jauh berbeda dengan Indonesia. Secara geografis Indonesia masuk zona gempa.

"Saya nggak tahu spesifikasinya. Saya juga nggak tahu metode bangunnya, apakah materialnya. Kalau bicara mungkin?, ngggak mungkin rasanya," katanya.

Ia mencontohkan di program kementerian perumahan rakyat ada namanya program peningakatan kualitas perumahan swadaya atau semacam 'bedah rumah'. Kementerian perumahan rakyat memberikan stimulan seharga Rp 5 juta hanya untuk pergantian komponen dinding dan atap perunit rumah swadaya tersebut.

"Jadi itu saja lebih besar dari US$ 300 kan," katanya.

Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, kemarin di Bali menjelaskan, beberapa waktu lalu dirinya sempat diberi tugas oleh Presiden untuk membuat rumah seharga US$ 300.

"Saya akan berusaha untuk melaksanakan tugas itu, dengan sebaik-baiknya," tandasnya.

Dikatakan Suharso pelaksanaan pembangunan rumah murah sebelumnya pernah dilaksanakan di Atambua. Pada waktu itu, pengembang dari REI (real estate Indonesia) menunjukkan pembangunan rumah murah yang hanya dibangun selama 3 hari dengan biaya pembangunan sekitar Rp 5 juta. Ukuran rumah yang dibangun seluas 30 meter persegi.

Jauh sebelumnya Suharso juga pernah mengatakan bahwa dirinya sempat tertantang untuk membuat rumah murah, karena pemerintah India sempat menanyakan kemungkinan pembangunan rumah sangat murah di Indonesia. Hal ini terjadi saat kunjungan delegasi pemerintah Indonesia ke India beberapa waktu lalu.

"Waktu di India, kita ditanya apakah ada rumah seharga US$ 300 di Indonesia. Kita bilang gak ada," ujarnya. (hen/dnl)


detikFinance

BI: Cadangan Devisa RI Bisa Capai US$ 120 Miliar

Jakarta - Terus derasnya aliran modal asing ke Indonesia sepanjang 2011 ini diperkirakan bakal membuat cadangan devisa Indonesia terus meningkat hingga US$ 110-120 miliar pada akhir tahun.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menyatakan, meskipun cadangan devisa Indonesia saat ini berada di posisi US$ 98 miliar, namun hingga semester pertama ini belum bakal menyentuh US$ 100 miliar.

Kenaikan outlook sovereign rating dari lembaga pemeringkat Fitch juga diperkirakan Darmin belum akan membuat aliran dana asing terus bertambah dan membuat cadangan devisa RI tembus US$ 100 miliar di semester pertama.

"Itu memang kita perkirakan semester pertama ini belum tembus US$ 100 miliar, jangan terlalu cepat," ujar Darmin saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Namun, hingga akhir tahun, Darmin yakin cadangan devisa bisa mencapai kisaran US$ 110-120 miliar.

"Perhitungan kita akhir tahun memang akan bergerak antara US$ 110-120 miliar tapi itu sebetulnya kita sudah mencoba menghitung, nggak ada rumusnya yang menghitung pas, tapi lebih kurang pas," tegasnya.

Darmin menilai, cadangan devisa Indonesia saat ini sudah cukup kuat untuk menahan jika terjadi pembalikan modal asing besar-besaran dari Indonesia (sudden reversal).

"Tapi sebetulnya jika cadangan devisa US$ 90-an miliar sudah memenuhi, termasuk persoalan itu (memenuhi kalau terjadi sudden reversal)," pungkasnya.(nia/dnl)


detikFinance

6 Kabupaten di Jatim Juga Merasakan Suara Dentuman dan Getaran

File detiksurabaya.com

Surabaya - Suara dentuman dan getaran di lereng Gunung Wilis, yang belakangan juga disertai retakan tanah tidak hanya terjadi di Trenggalek, Ponorogo, dan Nganjuk. Data yang masuk di Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Jawa Timur, fenomena alam misterius tersebut juga terjadi di 3 kabupaten lainnya.

Kepala Seksi Mitigasi Bencana Geologi ESDM Jatim Swasta Katriatmojo mengatakan, 3 kabupaten lain yang juga melaporkan fenomena alam serupa adalah Tulungagung, Madiun dan Bojonegoro. Meski demikian di daerah-daerah tersebut belum dilakukan penelitian, sehingga belum diketahui apakah penyebabnya.

"Yang terakhir melaporkan Bojonegoro, tapi detailnya bagaimana saya belum membaca," kata Swasta kepada detiksurabaya.com, seusai melakukan penelitian bersama BMKG pada temuan retakan tanah di Desa Margopatut, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jumat (25/2/2011).

Fenomena alam yang sementara diduga terjadi karena faktor kegempaan tersebut, lanjut Swasta, mulai muncul sejak awal Januari 2011 di Kabupaten Ponorogo dan Madiun. Disusul pada awal Fenruari di Trenggalek, Nganjuk, Tulungagung dan Bojonegoro. "Mungkin memang saling susul, karena sama-sama di lereng Wilis," sambungnya.

Ditanya mengenai penyebab kejadian berantai ini, Swasta masih berpegang pada hasil penelitian yang dilakukannya bersama BMKG. Ditemukannya sumber gempa berkekuatan 0,5 - 3 mmi pada kedalaman 3 - 5 kilometer di Nganjuk, ditengarai juga akan ditemukan di daerah lain yang merasakan dentuman dan getaran tersebut.

"Saya hanya berharap, semoga ini bukan karena aktifitas vulkanik Wilis," tegas Swasta.

Dari rangkaian kejadian aneh tersebut, ESDM Jatim belum bisa memberikan rekomendasi saran tindak kepada daerah yang merasakan, sebelum penelitian secara mendalam selesai dilakukan. Sejauh ini banyak imbauan permintaan masyarakat tidak resah yang disampaikan, ditambah masukan menutup retakan dengan tanah liat apabila memang terjadi.

"Itu masukan termudah yang bisa dilakukan, agar retakan tidak berubah menjadi longsor berskala besar. Semoga BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) bisa merespon dan melakukannya," pungkas Swasta.(bdh/bdh)


detikSurabaya

Kamis, 24 Februari 2011

Tiga Prioritas Intel 2011

Santhosh Viswanathan

Jakarta (ANTARA News) - Intel Indonesia mengutarakan tiga prioritas utama yang akan dikerjakannya dalam tahun ini, yaitu pengembangan broadband, pendidikan, dan kerja sama dengan industri lokal.

Setidaknya tiga hal itulah yang akan menjadi perhatian utama Santhosh Viswanathan, Country Manager baru Intel untuk wilayah Indonesia, yang disampaikannya kepada awak media dalam acara perkenalannya di Jakarta, Kamis.

Santhosh yang menduduki jabatannya itu mulai November 2010 mengatakan, broadband sangat penting bagi negara, misi Intel adalah untuk membuat broadband menjadi terjangkau, dan dapat diakses oleh semua orang.

Dalam membantu dunia pendidikan di Indonesia, Intel menetapkan program bernama "Intel Teach". Program yang sebenarnya sudah ada sejak 2007 lalu sudah memberikan pendidikan teknologi informatika kepada 50.000 guru di Tanah Air.

Santhosh mengatakan, pendidikan adalah membangun kesuksesan untuk jangka panjang.

Sementara terkait dengan bisnis intinya, Intel akan kerja sama dengan pengembang lokal.

Santhosh mengungkapkan bahwa Intel akan meluncurkan prosesor baru untuk netbook pada kuartal keempat, meski ia belum mengungkapkan nama dan bagaimana prosesor baru yang direncanakan itu.

Dalam kesempatan itu Santhosh juga mengungkapkan keyakinannya bahwa berkembangnya ponsel pintar bukan tanda dari berakhirnya era netbook.

"Tidak, sama sekali tidak. Biarkan saya bicara mengenai Indonesia. Saya pikir itu suatu terobosan. Anda bisa selalu mengucapkan salam pada ponsel pintar anda. Pikirkan mengenai seseorang membutuhkan keyboard, dan semua orang membutuhkan keyboard," kata Santhosh.(ENY/S026)



ANTARAnews

BPPT-Bridgestone Kembangkan Rekayasa Genetika untuk Tanaman Karet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Bridgestone Corporation Jepang bekerja sama meningkatkan kualitas dan produktivitas karet alam dengan rekayasa genetika. "Kami sedang meneliti soal penyakit jamur akar putih yang membahayakan bagi tanaman karet," kata perekayasa biologi molekuler BPPT Dr Wahyu Purbowasito pada Penandatanganan MOU BPPT dengan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) di Jakarta, Kamis.

Dikatakan Wahyu, penyakit jamur akar putih (Rigidoporus microporus) menurunkan produktivitas karet hingga 5-10 persen, dengan menyerang akar tanaman dan kemudian merobohkan batang karet secara bertahap.

Penyakit ini salah satu penyebab Indonesia yang memiliki lahan karet sampai tiga juta hektare namun produktivitasnya hanya dua juta ton per tahun, sementara Thailand hanya memiliki lahan karet dua juta ha namun menjadi penghasil karet terbesar dunia dengan produktivitas tiga juta ton, katanya.

"Selain itu, rendahnya mutu karet Indonesia juga disebabkan belum adanya sentuhan teknologi dalam hal pembibitan serta masih mengandalkan panen dari karet hutan yang ditanam tanpa budidaya," katanya.

Kalaupun ada, ujarnya, hanya menggunakan teknik okulasi yang menggabungkan dua tanaman, yang akarnya kuat dan yang dahannya menghasilkan getah karet yang bagus dan banyak. "Sayangnya teknik ini tidak berkembang. Karena itu kami mulai mengembangkan teknik biologi molekuler dan rekayasa genetik agar pencarian bibit unggul akan lebih mudah dan sesuai yang diinginkan," katanya.

Sementara itu, pimpinan Bridgestone Corporation, Yoichi Takenami, mengatakan, Indonesia harus mengembangkan tanaman karet karena selain hanya bisa tumbuh di tropis, karet sangat penting bagi dunia.
Kepala BPPT Dr Marzan A Iskandar mengatakan, selain mengembangkan kerja sama rekayasa genetika tanaman karet, BPPT dan AIST juga bekerja sama di bidang energi bahan bakar nabati (biofuel) dan biomassa dari limbah sawit.

Kerja sama antara BPPT dan AIST juga mencakup bidang lingkungan, survei geologi, nanoteknologi, material, manufaktur dan teknologi informatika.


Republika

Daewoo International Dukung Industri Pertahanan Indonesia

Jakarta, DMCDaewoo International Corporation sebagai perusahaan Korea yang bergerak di bidang perdagangan dan investasi saat ini membawahi tiga anak perusahaan yaitu Daewoo International Corporation, Daewoo Engineering & Construction Company Limited serta Daewoo Corporation. Daewoo International Corporation tumbuh dan berkembang, sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi satu payung dengan Posco yang merupakan perusahaan ketiga terbesar didunia dalam pembuatan besi baja sejak Oktober 2010.

Daewoo International Corporation yang mengedepankan misinya untuk menjadi perusahaan kelas dunia di bidang perdagangan, investasi dan pengembangan menyampaikan keinginannya untuk mendukung industri pertahanan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Vice Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) Daewoo International Corporation Korea (South) Lee, Dong-Hee saat bertemu dengan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Eris Herryanto, S.Ip., M.A, Rabu (23/2), di kantor Kemhan, Jakarta. Dalam pertemuan singkat tersebut, Sekjen Kemhan selaku wakil Menhan RI didampingi oleh Kabadan Ranahan Kemhan Laksda TNI Susilo.

Selain itu, pihak Daewoo mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun selama ini dengan pemerintah Indonesia. Pihak Daewoo juga menyampaikan bahwa perusahaan Daewoo International telah mengembangkan sayapnya di bidang pengembangan pendidikan dengan mendirikan institut keuangan (finance institute). Kepada Sekjen, Vice Chairman juga menyampaikan bahwa perusahaan Daewoo International saat ini tidak lagi bergerak dalam bidang perdagangan (trade) tetapi lebih fokus bergerak di bidang keuangan termasuk diantaranya bidang leasing.

Seperti dijelaskan Sekjen bahwa minggu lalu PT Krakatau Steel melakukan kerjasama dengan Posco dalam penyediaan raw material untuk membuat kapal laut bermuatan besar karena PT Krakatau Steel sendiri untuk saat ini belum dapat memproduksi plat besar untuk jenis kapal laut.

Menurut Sekjen Posco untuk saat ini masih menjadi satu-satunya perusahaan yang memproduksi plat besar untuk jenis kapal laut. Untuk itu Sekjen berharap Posco juga dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal lainnya seperti Koja Bahari.

Ditambahkan Sekjen bahwa saat ini juga pemerintah Indonesia masih menjalin hubungan dan kerjasama dengan pemerintah Korea khususnya dalam pembuatan kapal Landing Platform Dock (LPD) yang sempat tertunda lebih dari setahun. (ER/SR)


DMC

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More