blog-indonesia.com

Senin, 08 November 2010

Telkomsel Pulihkan 25 BTS di Merapi

Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) adalah mobile BTS untuk menambah kapasitas trafik

Aktivitas gunung merapi dilihat dari Turgo, Sleman (Antara/ Wahyu Putro)

VIVAnews - Setelah sempat off-air akhir pekan lalu, PT Telkomsel kini berhasil mengoperasikan kembali 25 unit base transceiver station (BTS) setelah dilakukan Quick Site Recovery.

Sebagaimana diketahui, Quick Site Recovery memberdayakan pasokan genset dan optimalisasi jaringan untuk memastikan keberlangsungan komunikasi pelanggan di sekitar wilayah Merapi.

Dengan beroperasinya 25 BTS tersebut, kini coverage layanan Telkomsel kembali menjangkau wilayah Muntilan, Magelang, dan Purworejo. Bahkan di beberapa wilayah, seperti akses Yogyakarta ke Muntilan dan area Gedung Agung Yogyakarta hanya dapat dijangkau oleh jaringan Telkomsel.

"Kami terus berupaya sesegera mungkin memulihkan jaringan, sekaligus menghadirkan posko pelayanan pelanggan," kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno melalui keterangannya, Senin 8 November 2010. "Kami harap seluruh layanan kami kembali normal secepat mungkin."

Hari ini, Telkomsel melaporkan lonjakan trafik telekomunikasi sekitar 50 persen dibandingkan hari normal. Kenaikan lalu lintas komunikasi ini telah diantisipasi Telkomsel, sehingga tingkat drop call dapat diminimalisir.

"Selain mengoperasikan kembali 25 BTS, kami juga mendatangkan seunit Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) atau mobile BTS untuk menambah kapasitas handling trafik komunikasi," ujar Sarwoto.

"COMBAT tersebut ditempatkan di area Gedung Agung Yogyakarta untuk mendukung layanan data bagi rombongan kepresidenan," jelasnya.

Sementara untuk menjaga performansi jaringan dan mempercepat pengoperasian kembali BTS-BTS yang kehilangan pasokan listrik, Telkomsel telah mendatangkan lebih dari 30 mobile genset.

Upaya ini, Sarwoto mengatakan, adalah bagian dari Quick Site Recovery yang dilakukan perusahaan setelah pada saat terjadinya letusan Merapi Sabtu lalu, di mana 32 BTS Telkomsel dinyatakan off air.

Di samping itu, dengan berangsur pulihnya jaringan, Telkomsel juga membuka kembali pusat pelayanan pelanggan di GraPARI Telkomsel Yogyakarta yang berlokasi di Jl Jenderal Sudirman No 60.

Untuk diketahui, Telkomsel masih memberlakukan layanan SMS gratis ke semua operator bagi seluruh pelanggan kartuHALO, simPATI, dan Kartu As yang sedang berada di wilayah bencana Gunung Merapi.

Bagi pelanggan yang ingin memberikan sumbangan bagi para korban bencana alam, Telkomsel juga masih menyediakan layanan donasi melalui akses *811# atau SMS donasi, cukup ketik DONASI, lalu kirim ke 5000.


VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More