blog-indonesia.com

Jumat, 15 Juli 2011

AXIS Uji Jaringan di Pulau Jawa

TEMPO Interaktif, Purwokerto - Operator seluler AXIS melakukan uji coba jaringan telekomunikasi di Pulau Jawa menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1432 H, yang akan dirayakan pada 30 Agustus mendatang.

Uji jaringan dilakukan pada Kamis, 14 Juli 2011, dengan rute Jakarta-Purwokerto-Yogyakarta-Solo-Nganjuk-Mojokerto- Surabaya. Pada kegiatan itu, AXIS memasang perlengkapan yang digunakan untuk mengetahui kualitas jaringan di rute yang dilalui.

Di dalam bus, terdapat layar televisi yang menampilkan rute yang dilalui bus. Dari situ tampak titik-titik posisi Base Transceiver Station (BTS) dan kualitas sinyal beserta data statistiknya.

“Apabila warna yang tertera di sepanjang rute perjalanan berwarna merah berarti sinyalnya bagus, sedangkan warna abu-abu sinyalnya jelek," kata Adrian Sumbara, Network Performance AXIS.

Untuk mengukur kekuatan sinyal, AXIS menggunakan software Tems Investigation. Adapun peralatan yang dibutuhkan antara lain laptop, telepon seluler yang telah berlisensi untuk menjalankan software tadi, dan Global Positioning System (GPS).

Adrian mengatakan ada cara sederhana untuk mengetahui seberapa kuat sinyal yang diterima ponsel. Selain bisa diketahui melalui bar atau batang sinyal yang tampil di halaman utama ponsel, pengguna ponsel pintar BlackBerry dan Android juga bisa mengukur lebih rinci.

Pada ponsel Android, pengguna bisa masuk ke menu Setting-About Phone-Status. Sedangkan pada ponsel Blackberry, caranya dengan membuka menu Option-Status-Sinyal.

Dadan Rahmat, Radio Networking Planning Manager wilayah Jawa Tengah, mengatakan setiap BTS memiliki jangkauan yang berbeda-beda. Apabila BTS itu berdiri di area terbuka, seperti persawahan, maka daya pancarnya mencapai 2-3 kilometer.

Sedangkan BTS yang dipasang di kota-kota besar dengan banyak penghalang, misalnya gedung dan perumahan, maka daya jangkau BTS sekitar 750 meter sampai 1 kilometer. "Itu sebabnya di perkotaan banyak pemancar," katanya.
[RINI KUSTIANI]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More