Selasa, 05 Januari 2016

KSAU Protes Seragam Dinas Kemenhub dan Kemenkum HAM yang Mirip Militer

Seragam Kemenhub (Foto: dok Kemenhub)

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna mempersoalkan seragam dinas pegawai Kementerian Perhubungan dan Kementerian Hukum dan HAM yang mirip seragam militer. Dia meminta seragam di dua kementerian itu diganti agar tak menimbulkan masalah.

Dijelaskan Agus, pihaknya sudah menyurati dua lembaga tersebut mengenai persoalan ini. Menurutnya sebaiknya seragam dinas Kemenhub dan Kemenkum HAM tak mirip seragam militer karena bisa menimbulkan salah persepsi.

"Itu kita sudah buat surat, sudah sampaikan. Segala sesuatu bergantung pada pemerintah. Segala sesuatu ada seragam sendiri sendiri. Secara kehidupan mungkin ada bangga kali kan," kata Marsekal Agus usai menghadiri Sertijab Pangkoops I di Makoopsau, Jl Kopatdara No 1, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa, (5/1/2016).

Agus mengatakan, memang sejauh ini belum ada dampak negatif yang timbul. Namun dia khawatir miripnya seragam Kemenhub dan Kemenkum HAM dengan seragam militer suatu saat bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum, baik dari dua lembaga tersebut atau TNI AU sendiri.

"Belum lihat sih apa yang akan terjadi. Cuma nanti kalau ada oknum baik kita atau kementerian sana. Waduh itu TNI AU. Padahal bukan. Yang nakal AU tapi itu (disangka) Kumham. Mudah-mudahan kita semua baik baik," imbuh Agus. (hri/nrl)

 Momen Jonan Mirip Jenderal Saat Pakai Seragam Kemenhub 

Disoal KSAU, Ini Momen Jonan Mirip Jenderal Saat Pakai Seragam KemenhubJonan di acara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Foto: Feby Dwi/detikcom)

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna menyoal seragam dinas Kemenhub dan Kemenkum HAM yang dinilai mirip seragam militer. Seperti apa seragam milik Kemenhub?

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam beberapa kesempatan pernah memakai seragam dinas Kemenhub. Salah satunya saat Peringatan Hari Perhubungan Nasional pada Kamis 17 September 2015.

Catatan detikcom, ketika itu Jonan memimpin upacara. Dia memakai seragam warna biru tua dengan berbagai atribut, lengkap dengan pangkat 'bintang 4' di pundaknya. Layaknya petinggi militer, saat itu Jonan juga memakai tongkat komando.

Dalam pidatonya, Jonan sempat menyinggung atribut kepangkatan dan tanda khusus di Kemenhub layaknya prajurit dan perwira di militer dan kepolisian.

"Kami pertama kali membuat atribut pakaian kerja, supaya seragam. Dulu tanda kepangkatan beda. Sekarang dijadikan satu. Cuma emblem dan unit kerja beda. Saya ingin perhubungan jadi satu yakni darat, laut, kereta api, udara," ujar Jonan saat itu.

Marsekal Agus mengaku telah melayangkan surat ke Kemenhub dan Kemenkum HAM memprotes seragam dua kementerian itu yang mirip militer. Dia khawatir hal itu bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Menurut Agus, sebaiknya seragam dinas Kemenhub dan Kemenkum HAM tak mirip seragam militer karena bisa menimbulkan salah persepsi.

detikcom telah mencoba mengkonfirmasi persoalan ini kepada Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata dan Menkum HAM Yasonna Laoly, namun keduanya belum merespons. (hri/nrl)
 

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More