Selasa, 05 Januari 2016

Dillon Aero M134 Mini Gun

Gatling Gun Standard M134D

D
illon M134D adalah gatling gun yang menurut dillon aero adalah 'the finest small caliber, defense suppression weapon available'. Mempunyai enam laras dengan sistem penembakan elektronik.

Gatling gun ini mampu menembakkan peluru kaliber 7,62 standar NATO 3000 butir permenitnya, dengan kata lain 50 tembakan per/detik. Dan bisa ditembakan terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama hingga kurang lebih 30.000 peluru. Dan setelah satu menit dapat beroperasi kembali.

Dillon M134 dikembangkan dengan bahan titanium (M134T) membuat gatling gun ini lebih ringan 20% sekitar 12-15 Pound, yang sebelumnya seberat sekitar 30 kg menjadi 25 kg.

Senjata ini bisa dipasang pada banyak tempat, seperti pada hellicopter, kendaraan tempur, kapal maupun pesawat. Menurut majalah militer Commando edisi terbaru, TNI AD berminat untuk akuisisi senjata ini kedepan.

 Spesifikasi umum Gatling Gun

♘ Berat : 29.98 kg.
♘ Panjang : 801.6 mm.
♘ Panjang Barrel : 558.8 mm.
♘ Kaliber : 7.62/51mm NATO.
♘ Kecepatan tembak : 3,000 rpm nominal.
♘ Jarak maksimun tembak : 1,000 m.

 Senapan Mesin Multi Laras 
SMML prototipe lokal [indomiliter]

Dislitbang TNI AD pada pameran alutsista tahun 2013 menampilkan senjata yang berbeda dari biasanya, yakni SMML (Senapan Mesin Multi Laras).

SMML merupakan gatling gun versi lokal, senapan yang masih dalam prototipe ini mengusung kaliber 7,62 mm. Menurut majalah Commando, perancangan SMML telah dimulai lima tahun lalu. Sebuah tim kecil Dislitbang dengan team leader Ade Kusnadi yang sekaligus menjadi kreatornya merancang senjata minigun versi lokal.

Tim Dislitbang dalam merancang SMML ini menemui banyak kendala, karena TNI AD memang belum pernah memiliki senjata model gatling. Terlepas dari kendala diatas, tim pengembang berusaha merancang sendiri prototipe senjata model ini, namum karena semua dipelajari dari nol dan tidak melakukan pengembangan produk melalui reverse engineering, menjadikan perancangannya memakan waktu panjang untuk bisa bekerja sempurna.

Sepintas tampilan luar SMML terlihat menyerupai M134 Mini Gun buatan Dillon Aero. Namun dapat dipastikan seluruh rancangan SMML berbeda sama sekali. Semua komponen diracang sendiri secara detail untuk menganalisa sistem kerja mekanisme dari rangkaian desain komponen yang dibuat.

SMML prototipenya rencananya dibuat Pindad. Dan belum sampai proses pengujian dinamis menggunakan peluru. [dikutip dari berbagai sumber]

 Spesifikasi SMML : 

♘ Kaliber : 7,62mm
♘ Panjang : 96,25 cm
♘ Berat : 90 kg
♘ Jumlah laras : 6 batang
♘ Pengisian amunisi : disintegrated
♘ Kecepatan tembak : 2.500 – 3.000 proyektil per menit
♘ Jarak tembak : 1.000 – 1.500 meter
♘ Sumber arus : DC 24 Volt

 Berikut video demo minigun Dillon Aero dari Youtube : 


  Garuda Militer  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More