Jumat, 03 April 2015

Jabiru, Pesawat Rakitan Pelajar SMK di Bandung

Karya para pelajar SMK 12 Bandung ini telah diuji coba pada Januari. Foto: Jaenal Mutakin

Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia ingin membagi kebahagiaannya pada perayaan ulang tahun ke-69. Kebahagian itu, salah satunya, dibagikan ke SMK 12 Bandung. TNI AU memberikan ruang bagi para pelajar sekolah tersebut untuk memajang pesawat hasil karyanya.

Jika dilihat dari penampakannya, pesawat ini tidak beda dengan burung besi yang lain. Hanya saja, pesawat yang diberi nama Jabiru J430 ini dirakit oleh para pelajar SMK.

Hebatnya, pesawat ini telah mendapatkan izin penerbangan. Karya mereka ini telah mengudara pada Januari.

Wakil Kepala SMK 12 Bandung sekaligus ketua tim perakitan, Teddy Rosadi, mengatakan perakitan ini merupakan upaya untuk membangun konsentrasi studi baru di bidang airframe dan powerplant.

Bidang ini mendalami lebih jauh tentang mesin pesawat. Hasilnya, terciptalah pesawat ini. Mereka pun telah menentukan rute terbang untuk uji coba.

"Nantinya akan diuji coba dari Bandara Husein ke Batujajar, lalu Lanud Sulaiman," ujarnya kepada Metrotvnews.com, Jumat (3/4/2015).

"Semoga keberhasilan ini diikuti oleh semua palajar SMK yang lain, sehingga ada peningkatan SDM. Setelah berhasil merakit pesawat, ke depanya bisa belajar untuk mengendalikan pesawat," kata dia saat dijumpai di acara pameran Air Show di Pangkalan Husein Sastranegara.

  Metrotv  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More