Selasa, 10 Februari 2015

Perusahaan Otomotif Tiongkok Mau Bangun Pabrik di Karawang

http://images.detik.com/content/2015/02/09/1036/kiic4.jpgIlustrasi kawasan industri di KIIC, Karawang

Kesepakatan pabrikan otomotif asal Malaysia, Proton, dengan PT Adiperkasa Citra Lestari tengah diperbincangkan masyarakat karena ada anggapan pengembangan mobil nasional (mobnas). Namun Menteri Perindustrian Saleh Husin menyangkal hal itu dan menyebut kesepakatan itu murni bisnis biasa.

Selain Proton, ternyata diam-diam ada perusahaan otomotif asal Tiongkok yang sudah siap berinvestasi di Tanah Air. Bahkan lahannya pun sudah disiapkan.

"Saat ini bersamaan dengan Proton itu ada juga industri otomotif lain yang masuk ke kita. Sementara lahannya sudah dibebaskan, ada 63 hektar di Karawang (Jawa Barat)," ungkap Saleh di Bogor, Senin (9/2/2015).

Namun, Saleh belum mengungkapkan nama perusahaan Tiongkok tersebut. Dia hanya memberi petunjuk bahwa pabrikan itu akan bekerja sama dengan perusahaan lokal.

"Itu industri otomotif dari Tiongkok bekerja sama dengan yang dari Indonesia," ujarnya.

Proses investasi perusahaan asal Tiongkok ini, lanjut Saleh, nantinya juga akan dialami oleh Proton bila mau berinvestasi di Indonesia.

"Sama dengan yang dari Malaysia itu prosesnya. Jadi kita nggak membeda-bedakan ini spesial, ini nggak," tegasnya.(hds/hen)

  ✈️ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More