Kamis, 12 Februari 2015

Menteri Susi Akan Beli 3 Kapal Besar

Latihan Bersama TNI AL

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sedang mengkaji kemungkinan membeli kapal pengawas baru di tahun ini. Menurut rencana anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), paling sedikit Susi akan membeli 2 kapal pengawas baru berukuran besar.

"Beli kapal yang besar untuk markas. Sekitar 2-3 kapal untuk tahun ini. Ukurang GT-nya (Gross Ton) saya nggak tahu, tetapi meternya setidaknya 160 meter," ungkap Susi, saat ditemui di ruang kerjanya Gedung Mina Bahari I, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Tidak hanya sebagai kapal pengawas, kapal besar markas ini juga berfungsi sebagai kapal karantina perikanan. Kapal ini akan melengkapi 27 kapal pengawas yang sudah dimiliki KKP, serta tambahan 4 kapal baru tahun ini.

"Untuk pengawasan, Karantina dan sebagainya di perbatasan," imbuhnya.

Pembelian kapal akan dilakukan secara lelang kepada perusahaan nasional. Bila pembuatan kapal ini rampung, maka akan ditempatkan di wilayah yang rawan terjadi praktik illegal fishing.

"Dibeli dari mana? Nggak ada kan lelang option-nya. Teknisnya tanya dirjen. Harusnya penempatan di Selat Malaka, Natuna, Morotai, Biak, Merauke, Arafura-NTT, Jawa seharusnya 8 (kapal)," sebutnya.(wij/dnl)

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More