New York (ANTARA News) - Murid-murid sekolah yang berada di Amerika Serikat (AS) dan Indonesia pada akhir pekan kemarin saling bercerita melalui layanan komunikasi Internet, Skype, dari soal sekolah mereka masing-masing hingga kebun sayuran Ibu Negara AS, Michelle Obama.

Menurut keterangan Kedutaan Besar RI di Washington yang diterima ANTARA News, acara obrolan interaktif itu berlangsung pada 25 Maret 2011 pukul 09.00 waktu Washington DC (pukul 20.00 WIB atau 22.00 WIT), melibatkan murid-murid sekolah di tiga kota sekaligus, yaitu Miner Elementary School di Washington DC; SDN 01 Besuki, Menteng-Jakarta; dan murid-murid di Jayapura, Papua, yang berkumpul di kediaman Gubernur Papua.

Kesempatan untuk saling bercerita itu merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan melalui program "Skype Friends Indonesia:USA: Connecting Youth in Global Friendship" yang diluncurkan oleh KBRI Washington DC.

Saat peluncuran yang berlangsung pada Jumat (25/3) di Miner Elementary School, Washington DC, Duta Besar RI untuk AS, Dino Patti Djalal, menyatakan harapannya bahwa program "Skype Friends" dapat mendorong kontak di antara anak-anak muda kedua negara serta semangat persahabatan antar-bangsa.

"Skype Friends" itu sendiri merupakan program pendidikan berdurasi selama satu jam yang terutama diisii dengan obrolan interaktif antara para murid sekolah.

Pada program interaksi `Skype` Jumat kemarin, pada murid saling bercerita dan berbagi pengalaman tentang sekolah, kota dan berbagai hal yang mereka ketahui tentang Indonesia dan Amerika.

Pertanyaan yang muncul dari murid-murid SDN 01 Besuki Menteng kepada teman-teman mereka di Miner Elementary School antara lain apakah para murid Miner pernah berkunjung ke White House --kantor dan kediaman resmi Presiden Barack Obama.

Para murid SDN Besuki --tempat Presiden Obama bersekolah ketika pada masa kecilnya pernah tinggal di Jakarta-- juga bertanya seperti apakah keadaan kota Washington DC.

Murid-murid Miner Elementary School dengan antusias menjawab bahwa mereka pernah berkunjung ke White House dan bertemu dengan Ibu Negara Michelle Obama.

Murid-murid Miner bahkan pernah berkunjung ke Gedung Putih untuk melihat kebun sayuran Michelle Obama.

Mereka juga menjelaskan bahwa Washington adalah kota besar yang sibuk, memiliki banyak museum dan tempat belanja sekaligus banyak tempat bersejarah seperti Lincoln Memorial, Jefferson Memorial dan yang saat ini sedang dibangun Martin Luther King Memorial.

Pada program tersebut, murid-murid Miner mempersembahkan lagu "Heal the World` untuk teman-teman `Skype` mereka di Jayapura dan Jakarta, sementara murid-murid SDN 01 Besuki Menteng mempersembahkan tarian "Lenggang None".

Sesaat sebelum obrolan interaktif itu ditutup, murid-murid Miner secara serentak meneriakkan "We love you Indonesia!". (T.K-TNY)