blog-indonesia.com

Minggu, 20 Maret 2011

Citizen Reporter: Bulan di Makassar Sungguh Besar (Foto)

Foto yang dikirimkan seorang warga Makassar, Sulsel, bernama Masyudinho Firmansyah dan memperlihatkan terangnya supermoon di wilayah Jl Talasalapang, Sabtu (19/3/2011).

TRIBUNNEWS.COM - Seorang warga Makassar, Sulsel, bernama Masyudinho Firmansyah berhasil mengambil foto supermoon di wilayah Jl Talasalapang, Makassar, Sulsel, Sabtu (19/3/2011).

"Bulannya sungguh besar dan sangat terang," jelas Masyudinho kepada Tribunnews.com. Sementara wartawan Tribun Timur, Ina Maharani Sri Istiningtyas mengatakan, saking terangnya, supermoon bisa dipotret dengan menggunakan kamera BlackBerry (BB) jenis Onyx.

Menurut Space.com, bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang ketika dalam posisi dekat ke bumi. Disebut Supermoon karena ukurannya yang lebih besar dari ukuran normal seperti biasanya.

Supermoon tidak menyebabkan bencana seperti gempa di Jepang. Demikian disampaikan sejumlah ilmuwan NASA.

Pada Desember 2008, Supermoon terdekat hanya dalam jarak sekitar beberapa jam dari pusat orbitnya dari bumi. Namun, bulan ini, Supermoon akan muncul hanya dalam jarak di bawah sejam dan akan memperlihatkan bulan dalam ukuran yang sangat besar.

Bulan dalam ukuran penuh yang disebut dengan Supermoon ini puncaknya akan berlangsung pada Sabtu (19/3/2011) pukul 15.00 waktu EDT atau Minggu (20/3/2011) pukul 04.00 WIB. Bulan akan mendekat di bumi hanya dalam jarak 356,575 kilometer dan hanya sekitar 50 menit kemudian setelah muncul bulan dalam keadaaan bulat penuh.


Tribunnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More