blog-indonesia.com

Sabtu, 26 Maret 2011

Indonesia-Denmark Dorong Efisiensi Energi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE) bekerja sama dengan Danish International Development Assistance (Denmark) meluncurkan program terbarunya bernama "Energy Efficiency and Conservation Clearing House Indonesia" (EECCHI).

Direktur Jendral DJEBTKE Luluk Sumiarso, Kamis (24/3/2011) kemarin, menuturkan, program tersebut bertujuan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi energi. EECCHI nantinya akan berfungsi sebagai unit yang pelayanan informasi, promosi dan kemitraan untuk mendukung program efisiensi energi di berbagai sektor.

Duta Besar Demark untuk Indonesia H.E. Borge Petersen mengatakan, "Kami memberikan grant sebesar 10 juta dollar untuk 5 tahun dalam program ini." Denmark juga memfasilitasi transfer pengetahuan dan asistensi teknis tentang cara mengupayakan efisiensi energi.

Selama ini, Denmark dinilai cukup berhasil melakukan efisiensi energi. Selama 30 tahun terakhir, Gross National product negara tersebut meningkat tanpa dibarengi dengan peningkatan konsumsi energi. Bandingkan dengan konsumsi energi Indonesia meningkat 7 persen per tahunnya.

Program efisiensi energi salah satunya akan menyasar sekor industri. Luluk mengatakan, DJEBTKE akan berperan dalam pelaksanaan program efisiensi energi di sektor itu. Konsumsi energi sektor industri di tanah air adalah yang terbesar, meningkat dari 39,6 pada tahun 1990 menjadi 51,86 tahun 2009.

Luluk menilai, "Konservasi dan diversifikasi energi ini harusnya dipandang sebagai sebuah kebijakan. Dengan melakukan ini, kita bisa dengan cepat dan murah mengurangi konsumsi energi. Contohnya, efisiensi energi di 650 perusahaan itu sama dengan membangun 2000 Mega watt."

Luluk tak bersedia menjelaskan target pengurangan konsumsi energi dari program ini. Isu efisiensi energi sendiri sudah lama menggema namun pelaksanaannya sejauh ini belum optimal. Setidaknya diperlukan kebijakan pengawasan, sanksi dan reward untuk mendukung pelaksanannya.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More