blog-indonesia.com

Selasa, 26 Oktober 2010

RI - Cina Teken Tujuh Kerja Sama Energi


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Indonesia mendapatkan tujuh kerja sama sektor ESDM dengan pengusaha Tiongkok dalam China-Indonesia Business Forum di Shanghai tanggal 25 Oktober 2010. Acara tersebut digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing dan China Council for Promotion of International Trade, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan Presiden Republik Indonesia ke World Expo 2010 di Shanghai.

"Tujuh penandatangan perjanjian kerjasama antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Tiongkok itu disaksikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," papar Kepala Biro Hukum dan Humas Kementrian ESDM, Sutisna Prawira, di Jakarta, Selasa (26/10).

Sutisna menjelaskan, tujuh kerja sama dalam sektor ESDM tersebut, yaitu antara Pertamina dan Shanghai Know-How Marine Equipment untuk penjualan marine lubricant, PT Aneka Tambang dan Hangzhou Jinjiang Group untuk pengembangan potensi bauksit, PT Waja Sekawan Prima dan Tian Yi Seamless Steel Tube untuk pembangunan pabrik seamless pipe pertama di Asia Tenggara.

Selanjutnya, sambung Sutisna, yakni Samudera Energy dan CNOOC/Husky Oil untuk dukungan operasi hulu migas di Blok Madura Strait, Barong Baragas Energy dan Jinchuan Group untuk pembangunan pabrik smelting nikel di Sulawesi Tenggara, Bumi Makmur Selaras dan Hanking Industrial Group untuk eksplorasi dan pengembangan nikel, "Dan Indonesia Mitra Jaya dan Super Power Int. Holding untuk pengembangan terpadu nikel di Pulau Seram," paparnya.

Dalam kesempatan itu, lanjut dia, sektor energi dan sumber mineral mendapatkan perhatian sangat besar dari para pengusaha Tiongkok. Dijelaskannya, banyak pengusaha tiongkok menanyakan terkait penerapan UU Mineral dan Batubara, khususnya terkait kewajiban membangun fasilitas pengolahan dan penggunaan komponen dalam negeri, investasi untuk peralatan pembangkitan energi baru/terbarukan yang memiliki efisiensi tinggi di Indonesia.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More