blog-indonesia.com

Selasa, 29 Januari 2013

Negara lain takut 'kehilangan' gas dari Indonesia

Jakarta Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan energi dunia terus meningkat. Di berbagai pertemuan internasional, Indonesia selalu menyuarakan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai pengganti energi fosil.

"Saya katakan Indonesia tidak setuju dengan pemenuhan energi dunia melalui minyak. Kalau negara-negara penghasil minyak mengatakan begitu silakan, tetapi harus ditemukan teknologi yang mampu mengurangi gas karbondioksida (CO2)," ujar Menteri ESDM Jero Wacik dalam rapat kerja dengan DEN di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Selasa (29/1).

Jero menceritakan, beberapa waktu lalu dia melakukan pertemuan dengan menteri energi dari beberapa negara untuk membahas kebutuhan energi. Keinginan Indonesia menjadikan EBT sebagai pengganti energi fosil membuat beberapa negara pengimpor gas panik dan khawatir tidak dipasok gas lagi dari Indonesia.

"Yang dipermasalahkan oleh mereka adalah Indonesia akan menutup keran ekspor untuk gas maupun batubara," tegasnya.

Dari kondisi itu, Jero mengajak beberapa investor asing untuk melakukan investasi EBT di Indonesia agar sama-sama tidak ketergantungan terhadap energi fosil.

"Kau punya teknologi, punya uang, investasi lah di sini sehingga kita punya EBT dan bisa berbagi kita," katanya.(mdk/noe)


Merdeka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More