blog-indonesia.com

Jumat, 27 Juli 2012

Batam dilanda suhu panas akibat badai Vicenta

http://img.antaranews.com/new/2011/10/thumb/20111004068.jpgBatam (ANTARA News) - Batam dan kabupaten atau kota lainnya di Provinsi Kepulauan Riau dilanda panas dengan suhu hingga 34 derajat celcius, akibat badai Vicenta yang terjadi di Vietnam.

"Panas ini disebabkan Badai Vicenta yang terjadi di Vietnam," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim, Batam, Tri Agus, Jumat.

Ia menjelaskan, badai Vicenta menyedot angin yang ada di sekitar Kepulauan Riau, sehingga kelembaban udara rendah dan menyebabkan cuaca panas yang menyengat.  "Angin tersedot semua ke sana," kata Tri.

Sementara itu, tim perkiraan cuaca BMKG Hang Nadim, Sri Pratiwi mengatakan, kondisi udara yang labil mendukung proses pertumbuhan awan di Kepri.

Namun, kelembaban udara yang relatif rendah mengakibatkan awan yang terbentuk menjadi lebih sedikit. "Sehingga cuaca dierkirakan cerah berawan hingga berawan," kata Sri.

Menurut dia, kondisi cuaca ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

"Sedangkan untuk aktivitas kelautan diimbau hati-hati terhadap arus laut yang kuat terutama di wilayah perairan Bintan dan Natuna," ujarnya.

Ia memperkiraan, cuaca Kota Batam pada Jumat pagi berawan, cerah berawan pada siang hari, dan pada malam kembali berawan disertai hujan ringan. Kecepatan angin diperkirakan antara 5 sampai 30 kilometer per jam arah selatan.

Sementara suhu udara di Batam diperkirakan antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan 59 sampai 69 persen. Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan 59 sampai 94 persen.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 33 derajat celcius dengan kelembapan 60 sampai 94 persen. Sedangkan suhu udara di Lingga antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 69 sampai 91 persen.

Kemudian, suhu udara di Natuna antara 25 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan 60 sampai 88 persen. Suhu udara di Anambas antara 26 sampai 34 derajat celcius dengan kelembapan 55 sampai 77 persen.(Y011)

Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More