blog-indonesia.com

Senin, 16 April 2012

Kembangkan E-Commerce, Telkom Rangkul Ebay

PLASA.COM - Plasa.com terbagi atas 10 kategori produk yang bisa di-browsing sepuasnya.


JAKARTA, KOMPAS.COM - PT Telekomunikasi Indonesia dan eBay sepakat melakukan kemitraan strategis untuk meningkatkan bisnis e-commerce di Indonesia melalui situs Plasa.com.

Kesepakatan ini diumumkan pada hari ini, Senin (16/4/2014).

Kemitraan tersebut ditandai dengan kesepakatan mendirikan perusahaan patungan bernama PT. MetraPlasa antara anak perusahaan Telkom, PT. Multimedia Nusantara (Metra) dengan eBay.

Kemitraan antara dua perusahaan tersebut diyakini dapat menyatukan kekuatan di mana Telkom dikenal sebagai perusahaan telecommunication, information, media and edutainment (TIME) dengan eBay, perusahaan online marketplace terbesar di dunia.

Rinaldi Firmansyah mengatakan, “Telkom sangat antusias bekerjasama dengan eBay untuk bersama-sama memberikan layanan e-commerce terbaik melalui kemudahan akses transaksi online atas produk-produk lokal yg tersebar di seluruh wilayah Indonesia”.

Rinaldi menambahkan kemitraan dengan eBay dimaksudkan juga untuk membantu sektor usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya di pasar global, dan memungkinkan konsumer lokal menikmati pilihan produk yang lebih bervariasi.

Senior Vice President eBay Asia Pasifik, Jay Lee mengatakan, “Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Telkom dan berharap dan meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual-beli produk lokal ke seluruh dunia, di mana pun dan kapan pun mereka inginkan.”

Kedua perusahaan meyakini pertumbuhan pengguna internet yang sangat tinggi di Indonesia. Mengacu kepada riset MarkPlus Insight, pada akhir 2011 angka pertumbuhan pengguna internat mencapai lebih dari 32% per tahun.

Saat ini diperkirakan terdapat tidak kurang dari 55 juta pengguna internet, yang mengakses baik melalui jaringan 3G maupun fixed broadband.

Besarnya jumlah pengguna  tersebut ditambah semakin membaiknya perekonomian Indonesia akan menjadi pasar yang sangat potensial bagi pengembangan e-commerce di Indonesia.

Menurut riset yang dilakukan oleh Frost & Sullivan nilai total transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2011 diperkirakan mencapai 1 miliar dollar AS.

Kemitraan Telkom dan eBay  menurutnya akan sangat mendukung pemberdayaan sektor UKM di Indonesia, sekaligus menjadi solusi terhadap kendala geografis yang dihadapi pelaku UKM dalam memperluas pasarnya.

Pada saat yang sama, sektor UKM juga menghadapi kendala skala produksi dan akses untuk melakukan ekspor produksinya secara langsung, sehingga banyak pelaku UKM sangat bergantung pada perantara.

Kerjasama ini memungkinkan pelaku UKM mengirim produknya ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri melalui dukungan logistik yang telah disediakan, sehingga akan meningkatkan pangsa pasar UKM secara signifikan. Diharapkan melalui kerjasama tersebut, baik penjualan lokal maupun ekspor akan meningkat drastis.

Selain itu, melalui kerjasama Telkom - eBay konsumen memperoleh keuntungan dan kemudahan, karena dapat membeli barang dari individu dan penjual dari Indonesia, serta membeli menjual barang yang di eBay melalui Plasa.com.


KOMPAS.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More