blog-indonesia.com

Rabu, 13 Oktober 2010

Siswa Bisa Dipantau Melalui Website

MAKASSAR (SINDO)– Satu lagi terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam bidang pendidikan.Mulai tahun ini, sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), menerapkan sistem pendidikan berbasis informasi teknologi (IT).

Program ini diberi nama Information Community Technology (ICT), sebuah infrastruktur berbasis website yang mampu menghubungkan sekolah, guru, pelajar,dan orang tua siswa ke dalam komunitas secara online. Salah satu kelebihannya, orang tua bisa mengakses dan memantau perkembangan, baik prestasi maupun tingkat kehadiran siswa di sekolah dari mana saja, termasuk di rumah. Selama ini kedisiplinan siswa hanya bisa dipantau melalui absensi dan rapor.

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkot Makassar Apiaty Kamaluddin mengatakan,program ini akan memudahkan orang tua siswa memantau aktivitas anak-anaknya di sekolah. Pemantauan bisa dilakukan dari mana saja,baik di kantor maupun rumah.

“Orangtuasiswa bisa memantau jam berapa anaknya masuk sekolah, demikian pula saat meninggalkan lingkungan sekolah hanya dengan mengakses sistem yang akan dijalankan secara online,”ujarnya, saat membuka sosialisasi rencana implementasi sistem administrasi di SMA,di Ruang Pola Kantor Wali Kota Makassar kemarin. Penerapan ICT tersebut untuk kali pertama di kawasan timur Indonesia (KTI).

ICT akan menggunakan database untuk menyimpan data siswa, guru, rapor siswa, dan data lainnya yang berkaitan dengan proses pendidikan. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Mahmud BM menjelaskan, ada beberapa item yang ada dalam sistem tersebut, di antaranya sistem administrasi sekolah berbasis website dengan mendokumentasikan administrasi kegiatan belajar dan mengajar.

Selain itu,ada komunitas siswa yang menjadi media siswa menyalurkan aspirasi berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran. Item lainnya, yakni komunitas guru yang akan menjadi media pengajar menyalurkan aspirasi mengenai pendidikan dan pengajaran. “Ada juga komunitas masyarakat peduli pendidikan yang akan menjadi media masyarakat luas, termasuk orangtua siswa,

untuk menyalurkan aspirasi yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran,” ungkap dia saat ditemui wartawan, seusai menghadiri sosialisasi yang dihadiri seluruh kepala sekolah SMP dan SMA se-Kota Makassar. Dia mengklaim,sistem administrasi sekolah tersebut bisa mempermudah guru melakukan proses pembelajaran, termasuk penilaian hasil belajar siswa. Apalagi, infrastrukturnya sudah terpasang dibeberapa sekolah. Menurut rencana,sistem informasi ini dilengkapi server induk sebagi kontrol yang dipasang di Dinas Pendidikan Makassar. (arif saleh)


SINDO

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More