Jumat, 08 April 2016

Resmikan 4 Kapal Pengawas Illegal Fishing

Susi: Kapalnya Kuat Nggak?Dina Rayanti-detikFinance

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti hari ini meresmikan 4 unit Kapal Pengawas yang dilengkapi dengan Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI).

Susi yang datang pukul 08.10 mengenakan terusan batik sempat memberikan pidato dilanjutkan dengan peresmian kapal. Peresmian kapal ini dimulai dengan menekan tombol peresmian dilanjutkan dengan pengguntingan pita kemudian memecahkan kendi ke badan kapal.

"Ini kuat nggak? Bukan kendinya takutnya kapalnya nggak kuat," kata Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat hendak memasuki kapal ORCA 6001 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Kapal pengawas ini sudah dipesan oleh KKP pada tahun 2012. Nantinya kapal ini akan dioperasionalkan sebagai kapal pengawas perikanan. Kapal ini dibangun dengan menggunakan desain dan supervisi dari MSS (Merite System Service).

Adapun untuk rincian kapal SKIPI, yakni panjang kapal (length over all) 60 m dengan kecepatan maksimum (maximum speed) 24 Knots dan kapasitas bahan bakar 138.000 liter. Kapal ini dibuat oleh PT Daya Radar Utama sebagai pemenang tender.

Proyek kerja sama pembangunan kapal ini berawal dari tender tanggal 30 april 2012. Kemudian pada 24 Oktober 2012 dilakukan penunjukan pemenang tender dan diakhiri kontrak pada 31 Januari 2013. Sedangkan kontraknya efektif mulai tanggal 23 Desember 2013. (hns/hns)
 

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More