blog-indonesia.com

Jumat, 16 Agustus 2013

12 Jet Tempur Akan Meriahkan HUT RI

Jakarta - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara akan ikut memeriahkan perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia pada saat upacara di Istana Negara, 17 Agustus 2013. Tak tanggung-tanggung, AU menyiapkan 12 jet tempur untuk melintas di langit Istana Negara. "Ada dua jenis jet tempur yang dilibatkan, yakni Sukhoi SU-27 Flanker dan F-16, masing-masing berjumlah enam unit," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Bambang Supriyadi, saat dihubungi Tempo, Kamis, 15 Agustus 2013.

Kedua belas pesawat perang itu akan melintas di langit Istana Negara dan Monumen Nasional sebanyak dua kali. Sayang, Bambang belum tahu manuver macam apa yang bakal dipamerkan pilot-pilot AU. "Sudah pasti manuvernya tidak boleh mengagetkan tamu undangan."

Bambang tak main-main sebab deru mesin jet tempur bakal memekakkan telinga. Terlebih bukan hanya satu jet tempur, melainkan 12 pesawat yang bakal lewat bersamaan.

Menurut Bambang, para pilot ke 12 pesawat tempur itu sudah mulai melakukan latihan gladi bersih sejak kemarin. Rencananya, hari ini pesawat-pesawat tempur AU bakal latihan lagi melintas di langit Jakarta. "Jumat kami gladi bersih, dan Sabtunya saat upacara, jadi pesawat empat kali terbang."

Dia pun berharap penampilan burung besi andalan Indonesia bisa memeriahkan upacara peringatan Proklamsi Indonesia ke-68. Bambang juga berharap penampilan pesawat tempur itu akan membuat bangga Indonesia di mata tamu undangan yang terdiri dari beberapa perwakilan negara sahabat.

Sementara itu, sumber Tempo di Angkatan Udara menyebutkan tak ada anggaran khusus dari TNI AU untuk menerbangkan ke 12 pesawat tempur itu selama empat hari. Angkatan Udara mengkombinasikan penerbangan selama empat hari tersebut dengan latihan pengamanan rutin. "Dengan cara ini, biaya penerbangan 12 jet bisa kami tutupi,“ kata dia.


  Tempo 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More