Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan penyedia solusi aplikasi peranti lunak SAP meluncurkan solusi Paket Starter SAP Business One dengan harga terjangkau untuk membantu para pengusaha muda mengembangkan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.

"Semua fitur-fitur sudah kami sesuaikan dengan kebutuhan UKM pemula dan jika mereka ingin mendapatkan fitur tambahan bisa di-upgrade secara gratis," kata Channel Manager SAP Indonesia Toni Djunaidi

Dia mengatakan para pengusaha pemula UKM enggan menggunakan aplikasi peranti lunak khusus untuk perusahaan karena harganya yang mahal dan beralih kepada sistem peranti lunak yang tidak dirancang khusus untuk mengerjakan semua program kerja perusahaan.

Padahal, sebuah UKM yang baru lebih membutuhkan sistem peranti lunak yang handal dan efisien untuk menunjang segala kinerja dan mengembangkan perusahaan.

SAP menyediakan solusi murah Paket Starter SAP Business One yang dapat mengintegrasikan semua fungsi bisnis di seluruh lini perusahaan dalam satu modul termasuk program sistem manajemen keuangan dasar, penjualan, pembelian, manajemen, hubungan pelanggan, fungsi database, dan akuntansi keuangan.

Solusi yang hanya digunakan untuk 1-5 pengguna memiliki keuntungan antara lain meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan, mengintegrasikan seluruh penjualan, inventaris, pembelian, operasional dan keuangan ke dalam satu sistem, menghilangkan pemasukan data yang berulang, meminimalkan kesalahan dan mengurangi biaya perusahaan.

Uniknya, aplikasi itu bisa diakses melalui perangkat Apple seperti iPad dan iPhone. Nantinya, menyusul Android dan RIM. Harapanya, UKM itu nantinya bisa mengembangkan bisnis yang cepat fleksible dan profesional serta meningkatkan daya saing produksi Indonesia.(Adm)