blog-indonesia.com

Senin, 31 Oktober 2011

Kini, Anda Bisa Prediksi Cuaca 1 Jam ke Depan

Dengan aplikasi 'peramal cuaca' ini, Anda tak perlu takut basah kuyup kehujanan di jalan.

VIVAnews – Hendak berangkat ke kantor atau pulang ke rumah dengan menggunakan motor? Pastikan dulu Anda punya aplikasi ‘peramal cuaca’ yang satu ini. Pasalnya, cuaca saat ini kerap berubah-ubah tak menentu. Sekejap cerah, sekejap hujan deras mengguyur.

Aplikasi ‘peramal cuaca’ ini bernama Dark Sky. Dark Sky akan memberitahu Anda cuaca satu jam ke depan. Istimewanya, prediksi Dark Sky diklaim amat akurat. Dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu waktu 5 menit untuk mengetahui hujan lebat akan turun, sehingga Anda mempunyai waktu cukup untuk mempersiapkan diri.

Analis data radar cuaca Adam Grossman and Jack Turner menyatakan, aplikasi Dark Sky juga mengetahui lokasi di mana Anda berada secara tepat. Lantas bagaimana aplikasi ini bekerja?

Dilansir dari laman wired, aplikasi Dark Sky bisa membedakan dengan mudah, mana sistem badai atau cuaca yang akan bergerak dalam waktu setengah jam mendatang. Algoritma yang memprediksi cuaca kemudian menambahkan gambar radar ke dalam sebuah gambar animasi cuaca yang sangat halus. Ini mirip seperti visualisasi iTunes.

Aplikasi Dark Sky membutuhkan banyak server untuk mencatat dan mempelajari data radar dari seluruh negara. Sayangnya ini berarti, peluncuran aplikasi Dark Sky di tingkat internasional masih butuh waktu yang lama.



VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More