blog-indonesia.com

Selasa, 21 Juni 2011

Pelatihan Audio System Engineer di Kampus FT UI

Fakultas Teknik Universitas Indonesia bekerja sama dengan Harry Kiss Production menggelar Audio System Engineer Training (ASET) di Kampus Universitas Indonesia, Depok, 27-30 Juni 2011.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya dunia hiburan di Indonesia saat ini membutuhkan para ahli audio system engineer dan sound engineer yang profesional dan memenuhi kualifikasi.

Menyadari kebutuhan itu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia bekerja sama dengan Harry Kiss Production menggelar Audio System Engineer Training (ASET) di Kampus Universitas Indonesia, Depok, 27-30 Juni 2011. "Pelatihan ini diharapkan menghasilkan lulusan sebagai Audio System Engineer dan Sound Engineer berkualitas sangat baik. Para lulusan diharapkan dapat bekerja mandiri dan mendapatkan penghasilan yang baik dengan bekal ilmu yang diajarkan dalam ASET," kata Harry Kiss, pimpinan Harry Kiss Production dalam siaran persnya, Selasa (21/6).

Harry menjelaskan, untuk mengikuti pelatihan ini tidak diperlukan latar belakang ilmu tertentu. "Jadi siapa saja boleh mengikuti training ini, Anak SMA yang sedang liburan pun boleh," katanya. Para peserta pelatihan, menurut Harry, akan dibekali dengan ilmu audio yang benar dan ilmiah, sehingga mendukung ilmu lapangan yang selama ini banyak diterapkan secara salah kaprah oleh para sound engineer.

"Mereka akan diajari bagaimana nge-set soundsystem untuk band, orkestra, talksow untuk acara televisi, setting untuk gereja, masjid agar suaranya terdengar jelas dan jernih. Bahkan juga setting untuk berbagai upacara besar, misalnya untuk acara-acara militer dan kepolisian," ujarnya.

Adapun materi yang disampaikan meliputi gelombang audio, amplitudo, panjang gelombang, frequency, kecepatan suara, phase, decibel, SPL, addition & cancelation, octave decade, ISO, freq respons, comb filter, gain setting, headroom, warm signal, voltage rail, asar-dasar akustik, audio transducer (microphone) , teknik mixing, direct sound, speaker point source, speaker array, sub woofer coupling with surface (ghost speaker ), sub directivity, dasar-dasar amplifier, dasar-dasar loudspeakers, pembagian subwoofer, mid dan hi Frek speaker, dan lainnya. "Juga peserta bakal diajarkan bagaimana me-remote mixer digital dengan iPad melalui WiFi," kata Harry.

Adapun para pengajar pelatihan ini adalah sejumlah dosen Fakultas Teknik Indonesia, para praktisi dan ahli-ahli audio engineering dari sejumlah stasiun televisi Indonesia Indonesia. Konduktor Addie MS juga akan berbagi pengalaman dalam pelatihan ini.

Pelatihan ASET ditawarkan dalam dua klasifikasi. ASET Express dan ASET Lengkap. "ASET Express merupakan pelatihan selama empat hari nonstop, dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Sedangkan ASET Lengkap dilakukan selama 10 hari, atau ada tambahan enam hari setelah ASET Express," jelas Harry seraya menambahkan informasi lengkap pelatihan ini bisa dilihat di www.asetsound.com.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More