blog-indonesia.com

Selasa, 01 Januari 2013

Pariwisata Terdongkrak Kemajuan Teknologi Informasi

Jakarta | Pertumbuhan telekomunikasi dan kemajuan teknologi informasi (TI) dalam beberapa waktu terakhir secara bersamaan menciptakan dorongan yang kuat bagi masyarakat untuk berwisata, sehingga sektor pariwisata nasional terdongkrak dalam kuran waktu 2012.

"Telekomunikasi dan TI menggerakan perekonomian nasional, sekaligus merangsang masyarakat untuk semakin gemar melakukan perjalanan," kata Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), M. Faried di Jakarta, Minggu (30/12).

Menurut dia, sektor telekomunikasi dan TI telah menampilkan budaya dan berbagai pemandangan alam Indonesia yang merangsang keinginan masyarakat untuk mengalami sendiri apa yang ditawarkan tersebut.

Hal itu, kata Faried, menjadi salah satu faktor utama yang mendorong majunya pariwisata Nusantara selama kurun waktu 2012. "Selain itu, jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa dan meningkatnya penduduk di perkotaan juga menjadi faktor pendukung lain," tuturnya.

Apalagi hal tersebut juga diiringi naiknya pendapatan perkapita penduduk sebagai akibat langsung pembangunan ekonomi, sekaligus munculnya 6,5 juta masyarakat kelas menengah baru. "Ini dibarengi dengan semakin banyaknya wanita bekerja yang juga meningkatkan mobilitas penduduk Indonesia," ujarnya.

Pada 2012 angka sementara BPS menunjukkan terjadi 245 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dengan total pengeluaran mencapai Rp 171,50 triliun.

Jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan 2011 yang tercatat ada 237 juta perjalanan wisnus dengan total belanja mereka Rp 156,89 triliun.

Menurut Faried, faktor lain yang mendorong semakin tingginya tingkat mobilitas wisnus adalah mulai terbangunnya konektivitas yang diikuti penambahan kapasitas kursi, antar-pulau dan antar-kota yang dijembatani angkutan udara, sehingga pergerakan wisnus kian meluas.

"Perkembangan politik nasional yang semakin mendambakan perdamaian, kemudian mengarah pada kerja sama dan suasana persahabatan yang lebih akrab disertai kondisi ekonomi yang terus membaik, memberikan sumbangan terhadap kemajuan pergerakan wisnus," demikian M Faried. (Ant/OL-2)


Micom

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More