blog-indonesia.com

Selasa, 01 Maret 2011

Supaya Tak Jadi Korban Trojan

Andrey Volodin/iStockphoto.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Apa yang harus dilakukan supaya tidak menjadi korban trojan? Tapi sebelum itu, ada baiknya kita mengenal apa itu trojan.

Trojan yang memiliki nama lengkap Trojan Horse (Kuda Troya) merupakan bentuk software berbahaya yang merusak sebuah sistem atau jaringan. Trojan memiliki target untuk mencuri informasi pengguna komputer, seperti password, kebiasaan yang tercatat dalam sistem log, data, dan sebagainya.

Intinya, trojan ini adalah pencuri yang ingin mengambil alih hak pengguna komputer. Trojan berbeda dengan jenis software berbahaya lainnya, misalnya virus. Alasannya, kehadiran trojan pada sebuah sistem atau jaringan komputer sulit dideteksi karena biasanya dia menyamar seperti sebuah program baik-baik. Sementara virus lebih agresif dan langsung merusak sistem sehingga menjadikannya kacau.

Perbedaan lainnya adalah trojan memiliki pengendali. Seseorang di komputer lain dapat mengatur apa saja yang diambil trojan dan menyerahkan informasi berharga kepadanya.

Lalu bagaimana caranya supaya terhindar dari serangan trojan, khususnya bagi mereka yang memiliki perangkat Android. Perangkat Android diperkirakan menjadi alat yang paling rentan terserang Trojan karena sifatnya yang terbuka. Perusahaan keamanan Symantec baru-baru ini mencatat lonjakan malware yang terjadi pada perangkat Android dan menyebar melalui aplikasi.

Berikut ada beberapa tips yang dikutip dari situs teknologi PC World:

- Lakukan penyesuaian pengaturan aplikasi pada sistem operasi Android untuk menghentikan instalasi dari aplikasi yang tidak berasal dari pasar Android yang resmi dan dijamin aman.

- Uji coba beberapa testimoni dari pengguna aplikasi tertentu untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut benar-benar aman dipakai.

- Ketika melakukan instalasi aplikasi Android, periksalah akses yang diberikan. Apabila permintaannya terlalu berlebihan, sebaiknya hentikan instalasi.

- Gunakanlah solusi keamanan mobile pada perangkat untuk memastikan keamanan setiap aplikasi yang diunduh.

- Para pengembang aplikasi harus memastikan semua perangkat yang terhubung ke jaringan mereka bebas dari malware.[PC World|Rini K ]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More