Minggu, 27 Desember 2015

Terminal Baru Bandara Sultan Thaha

✈ Resmi Beroperasi Hari Ini[Michael/detikFinance]

PT Angkasa Pura II (Persero), operator 13 bandara di kawasan Barat Indonesia, pagi ini mulai mengoperasikan Terminal Baru Bandara Sultan Thaha, Jambi. Terminal baru seluas 9.753 m2 ini dapat menampung 1,8 juta penumpang per bulan.

Pesawat Lion Air tujuan Jakarta dengan kode JT 607 yang terbang pukul 06.00 WIB menjadi pesawat pertama yang menggunakan dari terminal baru ini. Kemudian disusul oleh pesawat Garuda Indonesia GA 129 yang juga terbang ke Jakarta jam 06.00 WIB.

Antusiasme warga Jambi tampak dari ramainya terminal ini sejak pukul 05.30 WIB. Selain penumpang pesawat yang dijadwalkan berangkat pukul 06.00 WIB, banyak juga penumpang yang sebenarnya baru dijadwalkan berangkat di atas pukul 07.00 WIB namun datang sejak subuh untuk melihat-lihat terminal baru.

"Enak terminal barunya, lebih bagus dan lebih luas dari yang lama‎," tutur Eni, salah seorang pengunjung, kepada detikFinance di Terminal Baru Bandara Sultan Thaha, Jambi, Minggu (27/12/2015).

Eni mengaku baru akan berangkat pukul 07.40 WIB, tetapi dia datang lebih awal karena penasaran dengan rupa terminal baru ini. Selain lebih nyaman, menurutnya, terminal baru juga memiliki fasilitas lebih mumpuni. "Sejauh ini saya lihat lebih bagus ya fasilitasnya," ucapnya.

Demikian juga diungkapkan Dedy, salah satu penumpang yang menunggu pesawat di Terminal Baru Bandara Sultan Thaha. "Sistem bagasinya lebih bagus dibanding (terminal) yang lama," ujarnya.

Di hari pertama pengoperasiannya, berbagai fasilitas di Terminal Baru Bandara Sultan Thaha ‎sudah siap. Pemeriksaan dengan x-ray sudah berjalan dengan baik. Fasilitas wifi juga sudah dapat dinikmati.

Tetapi masih ada beberapa fasilitas yang belum benar-benar siap. Dari 2 komputer untuk browsing internet yang disediakan di ruang tunggu penumpang ‎misalnya, hanya 1 yang sudah berfungsi.

Pengoperasian Terminal Baru Bandara Sultan Thaha ini akan dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II ‎Budi Karya Sumadi pukul 09.00 WIB nanti. Jajaran direksi dan perwakilan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dijadwalkan juga akan hadir.

 Punya Terminal 'Kebun Binatang
Tempat duduk berbentuk badak (Michael/detikFinance)

Hari ini, terminal baru Bandara Sultan Thaha mulai dioperasikan oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Keunikan terminal baru ini adalah desain interiornya yang bertema kebun binatang.

Begitu memasuki terminal baru Bandara Sultan Thaha yang bercat putih-kuning pada bagian depannya, pengunjung bagai memasuki kebun binatang karena keberadaan kursi-kursi berwarna abu-abu yang bentuknya menyerupai badak bercula satu, salah satu hewan khas Sumatra.

Bagian depan terminal di bandara yang memiliki luas 9.753 m2 ini dapat menampung 1,8 juta penumpang per bulan ini juga dihias dengan bonsai-bonsai dan taman. Hiasan berupa rangka baja yang dibentuk menjadi motif batik khas Jambi makin mempercantik terminal.

Bagi pengunjung yang kebingungan, pengelola bandara telah menyediakan layanan informasi di area ini. Ada juga layar digital yang menampilkan informasi penerbangan.

Pintu masuk keberangkatan menggunakan pintu kaca otomatis berwarna biru. Fasilitas x-ray untuk pemeriksaan berada langsung di depan pintu masuk keberangkatan.

Untuk check-in, Terminal Baru Bandara Sultan Thaha sudah menyediakan 2 komputer untuk Self Check-In. Bila tidak membawa bagasi, penumpang bisa check-in dengan fasilitas ini agar tak perlu lama mengantri.

Sesudah check-in, penumpang akan naik ke lantai 2 dengan eskalator. Bagi kaum difable, disediakan lift untuk naik ke lantai 2 dan sebaliknya turun ke lantai 1.‎

Di lantai 2, pemeriksaan dengan x-ray kembali dilakukan sebelum memasuki ruang tunggu. Ruang tunggu penumpang beralaskan karpet hijau seperti rumput. Lampu-lampu ruang tunggu berbentuk seperti kelelawar. Kursi-kursi busa berwarna hijau muda dan hitam berjajar. Motif dedaunan khas Jambi menghiasi bagian atas ruang tunggu.

Sambil menunggu pesawat, para penumpang bisa santai di cafe dan restoran, atau berbelanja di beberapa toko yang ada di ruang tunggu.

Terdapat 2 komputer yang dapat digunakan penumpang untuk mengakses internet. Ada fasilitas wifi, layar yang menampilkan jadwal penerbangan, mushola, dan toilet. Ada juga smoking room dan charging station di pojok ruang tunggu. Terdapat 2 gate di terminal baru ini, tiap gate telah dilengkapi dengan garbarata.

Pengoperasian Terminal Baru Bandara Sultan Thaha ini dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II ‎Budi Karya Sumadi pukul 09.00 WIB tadi.

Terminal Bandara Baru Bandara Sultan Thaha akan digunakan oleh 6 maskapai penerbangan nasional, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, NAM Air, Susi Air, dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia.

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More