Rabu, 23 Desember 2015

Ongen Punya Kapabilitas Melalui Drone Ciptaannya

OS Wifanusa rancangan Ongen

Nama Y Paonganan saat ini tengah menjadi sorotan, selain kritik kerasnya di Media Sosial yang berbuntut pada penahannya, Ongen yang biasa disapa juga merupakan salah satu pembuat drone dengan nama OS-Wifanusa.

Bahkan ciptaannya tersebut kini sudah banyak diincar oleh perusahaan dalam negeri maupun luar negeri, termasuk kerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Penahannya oleh Bareskrim Mabes Polri, tentu membuat kerjasama ini terganggu. Pengamat Politik Karel Susetyo mengatakan Presiden Jokowi tentu bisa memaafkan Ongen, karena Ongen bukan sosok yang tidak berguna. Dia, menurut Karel punya kapasitas dan kapabilitas yang bisa sangat berguna bagi bangsa ini di masa depan.

Sangat disesalkan memang, saya yakin Jokowi bisa memaafkan dia, karena saat ini dia tengah membangun proyek drone yang bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan poros maritim Presiden Jokowi,” kata Karel saat dihubungi wartawan, Selasa (22/12).

Karel yakin jika Presiden Jokowi bisa memaafkan Ongen dan meminta Polri menghentikan kasus ini, rakyat akan mengenang kebesaran hati dan jiwa presiden.

Diketahui pesawat OS-Wifanusa karya Doktor Lulusan IPB ini sudah berapa kali diujicoba baik di darat maupun di air. Bahkan Dorne ini sudah mendapat sertifikasi dari Litbang TNI AL di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Kadis Litbangal Laksma TNI Ir Fedhy E Wiyana beserta tim uji dari Mabes TNI AL dan Mabes TNI mengapresiasi karya anak bangsa tersebut.

"Kita patut berbangga atas karya anak bangsa ini, pesawat jenis ini sangat cocok dengan kondisi wilayah NKRI yang di dominasi lautan, semoga ke depan bisa dikembangkan untuk digunakan dalam menunjang berbagai aktivitas maritim, baik sipil maupun militer," kata Fedhy.

Sementara Dr Y Paonganan mengatakan bahwa setelah melalui proses riset yang panjang, OS-Wifanusa akhirnya bisa mendapatkan pengakuan dari institusi negara dalam hal ini Litbang TNI AL, dengan diadakannnya uji sertifikasi ini.

"Kami semua sangat terharu dan bangga, bahwa hari ini, perjuangan anak-anak bangsa yang tergabung di IMI mendapatkan apresiasi dari Litbang TNI AL, semoga hasil karya ini bisa beguna untuk Indonesia, tentu ini membuat kami makin semangat untuk mengembangkan pesawat ini menuju kesempurnaan sesuai peruntukan. Sertifikatnya akan terbit setelah tim Litbangal melalukan analisis dari hasil uji hari ini," kata Paonganan.

Jika dilihat dari sisi tersebut, bagaimana sebenarnya kegigihan Y Paonganan untuk mencintai bangsa Indonesia. Kerja kerasnya untuk membangun maritim Indonesia tentu harus mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Sehingga, wajar kemudian pihak kepolisian mendapat desakan dari masyarakat untuk membebaskan Ongen dan menghentikan penyidikan atas dugaan pelanggaran UU Pornografi dalam hastag yang dituliskannya di akun twitternya yang menulis #PapaMintaLo*** dan #PapaMintaPaha. Semoga ini bisa menjadi catatan bagi pihak kepolisian.
 

  Berita Satu  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More