Selasa, 01 Desember 2015

Mekanik Asing Belajar soal Mercy Unimog ke Indonesia

http://assets.kompas.com/data/photo/2015/12/01/1448312Unimog-1780x390.jpgMercedes-Benz Unimog di pusat pelatihan Mercedes-Benz Indonesia di Ciputat, Tangerang Selatan. [Febri Ardani/KompasOtomotif]

Kendati truk medium serba guna Mercedes-Benz Unimog tidak dijual ke konsumen private, Indonesia adalah lokasi terpilih buat pelatihan mekanik dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Utara yang mau mempelajarinya.

Eko Setiyodiwarno, Deputy Director Aftersales Training Department Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), menjelaskan, fasilitas pusat pelatihan di Ciputat, Tangerang Selatan, yang berdiri sejak 1978 telah didaulat prinsipal pusat di Jerman sebagai Central of Competen untuk truk, bus, dan van.
http://assets.kompas.com/data/photo/2015/12/01/1449380Unimog-2780x390.jpgTruk medium Mercedes-Benz Unimog memiliki sistem gerak semua roda. Sasisnya banyak digunakan menjadi basis beragam karoseri.

Mekanik yang mau belajar tentang truk datang ke Indonesia, apabila ingin menimba ilmu tentang mobil penumpang ke Singapura, dan perbaikan bodi ke Taiwan. “Kita ditunjuk memberikan training truk ke negara di sekitar kita. Bahkan di beberapa aktivitas tertentu, untuk Australia dan Papua Nugini, jelas Eko, Selasa (1/12/2015).

Selain mengundang mekanik datang untuk belajar, atas permintaan tertentu pelatih bersertifikat internasional Mercedes-Benz dari Indonesia juga dikirim ke luar negeri untuk memberikan materi pelatihan. Eko mengatakan metodenya ada dua, pelatih melatih pelatih atau pelatih melatih mekanik.

“Baru dua pekan lalu kita menyelesaikan paket program dengan Vietnam untuk pelatihan Unimog,” ungkap Eko.


Peserta Demonstrasi menggunakan Truk Unimog

Di dalam negeri, Mercedes-Benz Indonesia mengaku hanya menjual Unimog untuk membantu kepolisian dan militer. Bila masih ingat, tahun lalu Unimog 1300L milik massa pendukung Prabowo-Hatta diamankan di Polda Metro Jaya karena berusaha menerobos kawat berduri di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat.

Polisi menggunakan Baracuda

Cerita lain tentang Unimog yaitu menjadi mobil “pengantar nyawa” duo Bali Nine dari Lapas Kerobokan menuju Bandar Udara Ngurah Rai, di Bali pada awal tahun ini. Mobil yang digunakan adalah Barracuda, tapi sebenarnya kendaraan taktis anti-peluru itu dirancang dengan sasis dan sistem gerak Unimog.

  ♙ Kompas  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More