blog-indonesia.com

Senin, 13 Agustus 2012

Informasi Mudik Lebaran Lewat Internet

Jakarta: Kementerian Perhubungan menyediakan layanan informasi angkutan Lebaran melalui Internet.

"Aplikasi Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia (SIASATI) ini merupakan data operasional angkutan pada Posko Angkutan Lebaran 2012 bisa langsung diakses masyarakat," ujar juru bicara Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, di Stasiun Senen.

Ia menjelaskan, masyarakat dapat mengakses aplikasi tersebut melalui siasati.dephub.go.id/report. Aplikasi itu dapat dibuka pada personal computer (PC) yang sudah dilengkapi dengan Flash 8.

SIASATI merupakan sistem informasi berbasis elektronik yang terintegrasi untuk pelaporan data operasional dan sarana transportasi di seluruh wilayah Indonesia. SIASATI terbagi dalam dua kategori, yaitu input data yang berkaitan dengan user input data atau operator serta dashboard yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan secara elektronik. Input data, kata Bambang, dilakukan oleh masing-masing operator sub sektor darat, laut, udara, kereta api, dan penyeberangan. Data-data yang telah di-input tersebut akan diolah menjadi tampilan dashboard.

Dahsboard tersebut menampilkan grafik yang diperbarui tiap jam, mencakup wilayah kota/kabupaten dan provinsi. Bambang mengatakan, melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat melihat pergerakan kendaraan pada posko pantauan, armada, serta perbandingan jumlah penumpang tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Bambang menuturkan, berdasarkan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM. 4 Tahun 2012, sistem pelaporan yang dapat diakses online dan realtime diperlukan untuk transparansi pemantauan dan pelaporan sarana transportasi.

Pada halaman SIASATI juga dapat dilihat berbagai data, antara lain perbandingan jumlah penumpang selama arus mudik pada H-7 sampai dengan H-2 Lebaran pada 2010 dan 2011. Data tersebut merupakan jumlah penumpang pada arus mudik dengan sarana penyeberangan, kereta api, jalur laut, jalur udara, serta jalan darat.

Pada halaman tersebut sudah bisa dilihat grafik jumlah penumpang pada H-9 sampai H-7 Lebaran yang telah berangkat mudik dengan berbagai sarana transportasi.

(Tempo.Co)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More