blog-indonesia.com

Selasa, 26 Juni 2012

Memanfaatkan Potensi Sichuan untuk Indonesia

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman berkunjung ke Dongfang Electric Corporation (DEC) di Deyang City pekan lalu.

Mengelola Indonesia tidak semuanya harus dimulai dari Jakarta,tapi perlu diserahkan ke daerah. Pemerintah pusat cukup menyiapkan kebijakan perekonomian lalu roda ekonomi digerakkan dari daerah berdasarkan potensi masing-masing.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman kemarin. Irman berkunjung ke China untuk menghadiri undangan sebagai keynote speaker dalam acara The 7th Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Small & Medium Enterprises Technology Conference and Fair (SMETC) di Hotel Intercontinental, Chengdu, China, selama empat hari mulai Rabu (20/6). Dia didampingi empat anggota DPD yakni Hasbi Anshory, Sofwat Hadi, Abdul Aziz, dan Emanuel Babu Eha.

Selama di Chengdu, Irman bersama rombongan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat sekaligus menemui pimpinan pemerintah lokal dan beberapa perusahaan besar di Sichuan. Dari beberapa penjajakan kerja sama untuk daerah yang ada di Indonesia dan China, akan ditindaklanjuti lagi dengan melakukan pertemuan dengan beberapa kepala daerah di Tanah Air. ”Belajar dari Provinsi Sichuan, benar-benar terlihat maju. Daerah ini adalah provinsi terbesar kelima di China, tetapi sulit rasanya mendapatkan tandingannya di Indonesia,” katanya.

Menurut dia, desentralisasi ekonomi di Indonesia belum bergerak sehingga daerah sulit berkembang. Yang lebih menonjol hanyalah desentralisasi politik, tetapi belum diikuti desentralisasi ekonomi sehingga tidak ada provinsi yang menonjol seperti Sichuan. Karena itu, potensi yang dimiliki Sichuan harus dimanfaatkan terutama untuk daerah yang sudah siap. ”Misalnya dengan Medan, Bandung, Palembang, Makassar, Surabaya, dan lainnya. Saya melihat banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dengan kota-kota yang ada di Sichuan, selain Chengdu yang sudah menjalin kerja sama sister-city dengan Medan,” ungkapnya.

Beberapa pimpinan pemerintah kota tersebut siap menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan kota-kota yang ada di Indonesia. Kini tinggal menunggu kesiapan masing-masing pemerintah daerah di Indonesia, apa yang akan dikembangkan dan bentuk kerja samanya nanti seperti apa. ”Jadi saya melihat banyak sekali potensi di provinsi ini untuk dikerjasamakan. Kita tentu berharap pemerintah pusat bisa mendorong kerja sama antar daerah ini bisa terwujud dan sebaliknya pemerintah daerah juga harus lebih proaktif,” kata Irman.

Pemerintah Kota Deyang sendiri akan mendorong Dongfang Electric Corporation (DEC) untuk berinvestasi di sektor pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Wali Kota Deyang Chen Xinyou mengatakan kesiapannya untuk menanamkan investasi ke Indonesia menyusul tawaran yang disampaikan Irman seusai mengunjungi Dongfang Turbine Co Ltd di kota tersebut.●

Laporan Wartawan SINDO
AZHAR AZIS
Chengdu, China

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More