blog-indonesia.com

Sabtu, 30 Juni 2012

94 Tim Berlaga di Kontes Robot Nasional

foto
Salah satu tim robot soccer mencoba lapangan pada Kontes Robot Indonesia KRI (26/5). TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Bandung -- Kontes Robot Nasional hari ini dimulai di gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Kontes yang berlangsung dua hari, Sabtu dan Ahad, 30 Juni-1 Juli 2012 ini total diikuti 94 tim. "Semua peserta datang, nggak ada yang mengundurkan diri," kata Ketua Panitia Kontes Robot Nasional 2012, Kusprasapta Mustijarsa, di arena lomba, Sabtu, 30 Juni 2012.

Saking banyaknya tim yang lolos kali ini dari hasil seleksi regional se-Indonesia, lomba dimulai sejak pukul 7 pagi tadi. Pembukaan acara terpaksa ditinggalkan dulu karena pejabat yang rencananya mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan datang terlambat. "Rencananya Menteri tidak bisa hadir karena ikut SBY di Bandung, akan diwakili Dirjen Dikti Djoko Santoso," ujar Kusprasapta.

Di kursi penonton di dalam gedung, sorak sorai pendukung bergema menyemarakkan kontes. Mahasiswa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang beken dengan sebutan Pens menjadi kelompok paling heboh. Mereka bernyanyi yel-yel juga Iwak Peyek.

Selain heboh dukungan, hasil karya mereka juga meyakinkan. Pada Kontes Robot Indonesia (KRI), nilai robot tim PeNS mencapai 105, jauh lebih tinggi dibanding tim dari kampus lain yang umumnya bernilai 20 atau 30.

Kontes robot nasional 2012 mempertandingkan tiga kategori. Selain Kontes Robot Indonesia, ada Kontes Robot Cerdas Indonesia yang terdiri dari robot pemadam api berkaki, beroda, dan Robosoccer. Ada juga Kontes Robot Seni Indonesia yang mewajibkan robot bisa melakukan Tari Piring asal Sumatera Barat.

Menurut Kusprasapta, hari pertama ini masih berupa babak penyisihan. Semifinal dan final serta pengumuman juara berlangsung di hari kedua, Ahad besok.[ANWAR SISWADI]




0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More