blog-indonesia.com

Kamis, 26 Januari 2012

XL dukung pengembang aplikasi lokal optimalkan pasar

PT XL Axiata Tbk (FOTO.ANTARA News/ ferly)

Surabaya (ANTARA News) - Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL) berupaya mendorong pengembang aplikasi lokal mengoptimalkan pasar Indonesia karena semakin besarnya pertumbuhan masyarakat pengakses data di Tanah Air pada tahun ini.

"Untuk memenuhi permintaan pasar dan memanfaatkan momentum era layanan data, kami bekerja sama dengan penyedia platform mobile dari Finlandia, `Blaast` mengenalkan inovasi `mobile apps XL Blaast`," kata "Manager Management Service XL East Region", Martono di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, perkembangan layanan data pada industri telekomunikasi semakin tak terbendung sehingga beragam layanan data terus tumbuh.

"Apalagi, kini permintaan masyarakat atas layanan seluler yang praktis, murah, dan mampu mendukung berbagai aktivitas kian meningkat dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

Senada dengan Martono, "Director Tecnology, Content and New Business" XL, Dian Siswarini, mengurai, saat ini konten atau aplikasi lokal Indonesia masih sangat terbatas dibandingkan dengan konten produk asing.

"Padahal, potensi para pengembang aplikasi lokal memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk luar negeri," katanya.

Untuk itu, ia optimistis, dengan inovasi aplikasi "XL Blaast" tersebut operator tersebut mengajak para pengembang aplikasi lokal memanfaatkan momentum era layanan data yang sedang tumbuh secara global.

"Dengan ini, kami berupaya merancang suatu wadah `platform` bagi para pengembang aplikasi lokal Indonesia sehingga aplikasi yang mereka buat mendapat sarana agar bisa sampai ke pengguna dan dinikmati masyarakat luas," katanya.

Ia berharap, layanan aplikasi "mobile" yang dapat memberikan pengalaman kepada pengguna "low-end phone" dengan fitur terbatas seolah menggunakan aplikasi pada telepon seluler pintar dapat mendorong produktivitas dan kreativitas pengembang lokal guna membuat aplikasi yang makin beragam.

"Bahkan, dapat mendesain inovasi terbaru yang lebih canggih pada masa mendatang," katanya.

Di samping itu, "CEO and Co-founder Blaast", Joonas Hjelt, berkomitmen, menyediakan aplikasi yang berkualitas tinggi bagi setiap orang di seluruh penjuru dunia. Upaya tersebut mengoptimalkan interaksi sosial masyarakat menyusul hal tersebut merupakan faktor penting untuk bisa mengembangkan konten.

"Apalagi mewujudkan aplikasi lokal yang memiliki kualitas dan mempunyai daya tarik lebih bagi pasar telekomunikasi. Dengan kemitraan ini, ke depan kian mendorong terciptanya komunitas pengembang domestik terutama yang merealisasi konten lokal," katanya. (DYT/A040)


ANTARA News

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More