blog-indonesia.com

Sabtu, 14 Januari 2012

UGM Ikuti Kompetisi Mobil Formula Dunia

Bimasakti UGM, Formula SAE Karya Mahasiswa UGM

YOGYAKARTA--MICOM: Mobil formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan mengikuti kompetisi "The 10th Student Formula SAE Competition of Japan" di Aino City, Shizuoka-ken, Jepang, pada 3-7 September 2012.

"Untuk menambah kemampuan mobil formula tersebut, kami telah melakukan berbagai modifikasi. Salah satunya adalah meningkatkan kapasitas mesin dari 322 cc menjadi 600 cc," kata Ketua Tim Bimasakti UGM, Akmal Irfan Majid di Yogyakarta, Jumat (13/1).

Menurut dia di sela acara serah terima bantuan mesin mobil dari PT Federal Karyatama untuk Tim Bimasakti, minimal kapasitas mesin itu bisa menyamai tim negara lain. Selain memperbarui mesin, kata dia, Tim Bimasakti yang beranggotakan 23 orang terdiri atas 12 orang tim inti, lima orang tim ahli, dan enam orang sebagai tim pendukung itu juga melakukan penambahan hasil rancangan dan penampilan kendaraan.

"Penambahan itu terutama untuk desain rangka, sistem kopling dan persneling. Ada modifikasi yang lebih baik karena kami belajar dari pengalaman ketika ikut kompetisi tersebut tahun lalu," kata Akmal.

Dekan Fakultas Teknik UGM Tumiran mengatakan mobil formula Bimasakti UGM yang ikut dalam kompetisi tersebut diharapkan dapat semakin menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam mendukung kemajuan dunia otomotif di masa depan.

Menurut dia, kompetisi itu bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide baru dalam penciptaan dan pengembangan mobil formula.

"Saya berharap dukungan dari pemangku kepentingan untuk mendorong semangat mahasiswa agar lebih siap berkompetisi di tingkat internasional. Dukungan itu bukan untuk mencerdaskan dosen, tetapi anak-anak bangsa untuk menumbuhkan semangat berkompetisi di negara maju," kata Tumiran. (Ant/OL-04)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More