Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek Toyota, berbagi pengetahuan dengan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) melalui kuliah umum dengan topik "Toyota Marketing Strategy" di Fakultas Ekonomi UI, Depok, Kamis.

"Sejalan dengan prinsip Toyota `Endless Journey of Seeding the Goodness`, melalui sesi ini kami ingin berbagi cerita dan pengalaman selama 40 tahun perjalanan di Indonesia kepada generasi muda Indonesia," ujar Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto, Kamis.

Dia menuturkan, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari perjalanan Toyota selama 40 tahun.

Salah satunya adalah pentingnya inovasi teknologi maupun komitmen dalam berinvestasi serta penyempurnaan kinerja secara terus menerus untuk mencapai cita-cita.

Secara garis besar, kuliah umum membahas strategi Toyota selama 40 tahun di Indonesia yang ditekankan pada produk Toyota Avanza sebagai contoh kasusnya.

Kuliah umum di UI merupakan pembuka untuk roadshow ke empat kampus di empat kota lainnya di Indonesia. Sasaran berikutnya bukan hanya mahasiswa, tapi juga masyarakat umum.

Kuliah umum berikutnya akan diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung (28/9), Universitas Sumatera Utara (USU) (4/10) di Medan, Universitas Gadjah Mada (UGM) di Jogjakarta (13/10) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Makassar (25/10).

Dekan FE UI, Firmanzah, menyatakan, segala sesuatu yang dilakukan Toyota sampai saat ini merupakan gambaran nyata komitmen terhadap nilai perbaikan berkelanjutan.

Toyota telah menerapkan "experiential marketing" yang mampu menjadikan konsumen lebih nyaman berhubungan dengan Toyota.

"Komitmen Toyota terhadap industri otomotif memberikan dampak eksponensial terhadap perekonomian Indonesia," tambah dia.

Sebelumnya, rangkaian 40 tahun Toyota dimulai dengan peresmian Toyota Eco Island di area Ancol Eco Park, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Selain itu, TAM berpartisipasi di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 dilanjutkan dengan komitmen investasi Toyota Motor Corporation (TMC) selaku prinsipal di Indonesia.

Komitmen ini disampaikan langsung oleh Presiden dan CEO TMC Akio Toyoda berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Di Indonesia, Toyota adalah pemimpin pasar mobil. Penjualan sampai Agustus 2011 mencapai 207 ribu unit dengan pangsa pasar 36 persen. (ANT-258/A027)


ANTARAnews