blog-indonesia.com

Jumat, 07 Oktober 2011

Soal Nuklir, Indonesia Tertinggal dari Vietnam

TEMPO Interaktif, Jakarta - Indonesia tertinggal dibandingkan negara tetangga dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir. Penduduk Vietnam dan Malaysia akan menikmati energi nuklir dalam satu dekade mendatang.

Menurut Deputi Bidang Jaringan Iptek Kementerian Riset dan Teknologi Syamsa Ardisasmita mengatakan, Vietnam sudah resmi masuk kelompok negara pendatang baru pengguna pembangkit listrik tenaga nuklir binaan agensi energi nuklir internasional (IAEA). Negeri Paman Ho mulai mengoperasikan pembangkit tenaga nuklir pada 2020 dengan daya mencapai 2 ribu megawatt.

Begitu pula dengan Malaysia. Negara berpenduduk 30 juta jiwa ini mulai merancang dan mengimplementasikan pembangunan pembangkit bertenaga nuklir. Meski belum resmi dikategorikan pendatang baru oleh IAEA, Malaysia siap memproduksi listrik dari nuklir pada tahun 2021.


Saat ini Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano mengadakan lawatan ke empat negara yang memperlihatkan minat terhadap teknologi nuklir yaitu Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Jordania. Di Indonesia, Amano akan bertemu Wakil Presiden Boediono untuk membicarakan teknologi nuklir damai.[ANTON WILLIAM]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More