blog-indonesia.com

Sabtu, 08 Oktober 2011

Awas, Tawaran iPad Gratis, Ternyata Jebakan Klik

Tawaran iPad gratis di Facebook

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Trend Micro mengindentifikasi kejahatan cyber berupa jebakan click kepada para pemilik Facebook di seluruh dunia, salah satunya, Indonesia.

Pada kasus ini pengguna diminta untuk berbagi share dan memberi komentar tentang kematian Steve jobs untuk mendapatkan hadiah ribuan iPad. Kontes ini berakhir hingga 10 Oktober 2011.

Dideteksi informasi ini telah menyebar secara viral, dan secara tidak langsung memberikan penipuan bagi jutaan pengguna Facebook di seluruh dunia. Awalnya Trend Micro, menemukan sebuah website yang berisi informasi pembagian ribuan iPad seiring dengan kematian Jobs untuk berbagi share link ke dalam facebook pengguna, sekaligus diminta untuk memberikan komentar atas peristiwa tersebut.

Tapi ketika link tersebut di-klik yang muncul adalah informasi bahwa program tersebut tidak ada di wilayah yang bersangkutan, alih-alih hadiah ribuan iPad, yang muncul justru adalah iklan penawaran dari beberapa produk yang dimunculkan oleh scammers. Tentunya scammers akan mendapatkan keuntungan dari iklan yang di-klik dan dilihat oleh para korban klik. Keuntungan bertambah jika pengguna berbagi link ke teman-temannya.

Kejadian ini pun mengingatkan pada semua pengguna Facebook, agar tetap meningkatkan kewaspadaan agar mereka lebih hati-hati dalam berbagai motif penipuan yang dilancarkan oleh para scammers ini , terutama hal-hal yang meminta Anda meng-klik sesuatu ,merupakan hal yang sangat penting.




























Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More