Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 24 peserta mulai dari profesional, praktisi, mahasiswa hingga pelajar meraih penghargaan Indonesia Information and Communication Technologies Award (INAICTA) 2011, dari 110 peserta yang masuk nominasi.

"Para pemenang selain mendapat piagam penghargaan, untuk the winner memperoleh hadiah uang masing-masing Rp20 juta, selain itu mereka yang menang ini mendapat Business Matchmaching Program dan difasilitasi untuk diberikan pelatihan bisnis dan dipertemukan dengan calon investor," kata Kepala Humas INAICTA 2011, Iskandarsyah, di Jakarta, Jumat.

Penghargaan tersebut diberikan di lokasi acara di JCC Jakarta pada Malam Anugerah 2011 INAICTA pada Rabu malam, namun baru diumumkan secara luas pada Jumat pagi.

Untuk kategori e-Learning and e-Education: Content, Utilities dimenangkan oleh Fisitekh Multimedia Interactive dari Riza Wahono dan kategori e-Learning and e-Education: Learning Management System oleh eLisa 3.5 dari Herman Saksono.

Untuk e-Goverment dimenangkan oleh Implementasi Sragen Online yang sudah diimplementasikan di Pemerintah Kabupaten Sragen. Sedangkan kategori Research and Development dimenangkan oleh Klungbot III oleh Eko Mursito Budi dkk dari Teknik Fisika ITB.

Pemenang untuk kategori e-Business: Manufacturing, dimenangkan oleh AlfaCurrency, Software ERP Retail & Manufacture dari PT Alfasoft atas nama Fatkul Amri, kategori e-Business: Retail, Finance oleh WayangForce dari Dimas Surya Yaputra, PT. Phase Solusindo.

Untuk kategori e-Business: Service dimenangkan Sedapur, Konsultasi dan Portal E-Commerce bagi Industri Kuliner UKM oleh Soegianto Soetrisno dkk dari PT. Selaras Digital Sempurna.

Untuk kategori Industrial/Embedded Application dimenangkan oleh CAD untuk Circular Knitting Machine oleh Mico Wendy dan Mobile Games dimenangi oleh Amago, menjelajahi nusantara dari Sakina Fathiani, PT.Nightspade Multi Kreasi.

Sementara itu, untuk kategori Digital Content: Animation dimenangkan oleh Alien versus Mbah Darmo dari Heru Sakti, Digital Content: Digital Audio oleh Ode To Indonesia dari Daniel Thamrin dan Digital Content: Video Games oleh SteamOps dari Firman Nurimansyah.

Sedangkan untuk kategori University: Digital Interactive Media dimenangkan oleh Virtual Pet: Sebuah Aplikasi Game Multi-Modal Memelihara Binatang Langka dari Reza Darmakusuma, dkk dari ITB.

Untuk University: Audio Visual Digital and Animation dimenangkan MarSol oleh Hendrico Saputra, dkk dari Universitas Bina Nusantara dan kategori University: Application dimenangkan oleh Sparkins, Aplikasi Berbasis Sentuh untuk Pembelajaran Mesin Tik Perkins Bagi Anak-anak Penyandang Tuna Netra oleh M. Endri Irfanie, dkk dari Institut Teknologi Telkom.

Juga ada penghargaan untuk tingkat SMA/SMK, SMP dan SD untuk kategori Applications, Maze Solving Robot, Obstacle Robot, dan Application Robot.

Penghargaan juga diberikan kepada peserta yang dianggap spesial berupa Merit Award, Special Mention, Technical Award, Special Award hingga Juara Favorit.

Menteri Komunikasi dan Informatika Menkominfo, Tifatul Sembiring, menyatakan 2011 INAICTA diharapkan dapat melahirkan lebih banyak bibit-bibit kreatif di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mendorong kemajuan bangsa. (D009)



ANTARAnews