Rabu, 24 Mei 2017

Kapal Navigasi KN Nipa dan KN Masalembo Diluncurkan

Di Batam IMG-20170524-WA0026Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meluncurkan 2 kapal kenavigasian Kelas I, KN Nipa dan KN Masalembo dari galangan kapal PT. Citra Shipyard, Batam, hari ini, Rabu (24/5/2017).

KN Nipa akan dipangkalkan pada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Pinang dan KN Masalembo akan dipangkalkan pada Distrik Navigasi Kelas I Surabaya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut A. Tonny Budiono, melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans.

Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Provinsi Riau Dr. H. Nurdin Basirun, Direktur Kenavigasian Bambang Witanto, dan Direktur Utama PT. Citra Shipyard Ali U Lai.

Dirjen Tonny Budiono mengungkapkan, saat ini wajah perairan Indonesia terus berubah. Dengan adanya kegiatan ekonomi di laut seperti pelayaran, pembangunan pelabuhan, kegiatan lepas pantai, konservasi alam, perikanan, dan lainnya tentu membutuhkan peralatan kenavigasian.

Hal tersebut menunjukkan bahwa peran navigasi laut sangat besar dalam menunjang aspek keselamatan pelayaran,” katanya.

Ibarat jalan tol, pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan harus menyiapkan fasilitas penunjangnya, seperti rambu-rambu atau Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) yang cukup dan andal, alur pelayaran yang aman dan ekonomis, penyelenggaraan telekomunikasi pelayaran serta sistem lalu lintas pelayaran yang baik sehingga dapat memberikan informasi yang akurat dan jelas kepada kapal-kapal yang berlayar.

Sehingga keselamatan pelayaran dapat terjamin,” kata Tonny. (aliy)

  Berita Trans  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More