Selasa, 28 Maret 2017

Jokowi Bangga Pertumbuhan RI di Posisi Tiga

Setelah India dan China imageIlustrasi Jakarta [poskota] ★

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menghadiri acara Rakernas BPP (Badan Pengurus Pusat) Hipmi di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Jokowi hadir didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dalam kesempatan ini, Jokowi menjabarkan tentang masih adanya ketidakpastian yang menyelimuti ekonomi dunia. Tren ini tidak hanya dirasakan dampaknya oleh Indonesia saja, juga seluruh negara lain di dunia.

"Perlambatan ekonomi dunia sekarang betul-betul sangat menyulitkan. Hampir semua negara babak belur karena perlambatan ekonomi dunia. Ketidakpastian kebijakan negara-negara besar hampir membuat kepala negara sulit prediksi ekonomi tahun ini seperti apa, tahun depan seperti apa," kata Jokowi dalam acara Rakernas BPP Hipmi di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/3/2017).

Di sisi lain, di tengah perlambatan ekonomi dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu tumbuh positif di tengah banyak negara yang merevisi pertumbuhan ekonominya. Jika dibandingkan dengan negara-negara anggota G20, Indonesia menempati posisi ketiga di bawah China dan India.

"Kalau kita lihat pertumbuhan ekonomi di negara kita 2014 ke 2015 turun, 2015 ke 2016 Alhamdulillah bisa naik ke 5,02% pertumbuhan ekonomi kita. Kalau kita lihat negara-negara lain ada turun 3%, ada turun 1,5%, ada turun 2% banyak sekali," kata Jokowi.

"Kalau kita bandingkan G20 ekonomi kita masih pada posisi yang sangat baik. Kita hanya di bawah India dan RRC pertumbuhan ekonomi kita," tambah Jokowi.

Jokowi juga memaparkan peran pemerintah dalam mengendalikan harga tang berimbas terhadap rendahnya inflasi.

"Kemudian kalau kita lihat inflasi sama, 2015 3,35% 2016 3,02%. Pengendalian harga bisa kita lakukan dengan baik," ujar Jokowi. (hns/hns)

  detik  

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More