blog-indonesia.com

Kamis, 17 Maret 2016

Kemungkinan Pembuatan Kapal Baru

Pangkolinlamil Kunjungi DRU⚓️ KRI Teluk Bintuni 520 buatan PT Daya Radar Utama. (DRU)

Saat mengunjungi galangan kapal PT Daya Radar Utama (DRU) di Srengsem, Panjang, Bandar Lampung, Rabu (16/3/2016), Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Aan Kurnia mengatakan ada kemungkinan TNI AL memesan kapal baru.

Kunjungan ini untuk meninjau situasi PT Daya Radar Utama, karena ke depannya, kemungkinan akan ada pembuatan kapal baru dan perbaikan-perbaikan KRI yang ada di Kolinlamil,” ujarnya didampingi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung Kolonel Laut (P) Yana Hardiyana.

Tiba di lokasi galangan kapal, Pangkolinlamil disambut Direktur Utama DRU, Amir Gunawan. Pangkolinlamil dipersilakan melihat sejumlah fasilitas lokasi industri yang mulai beroperasi pada 2008 itu, seperti fasilitas permesinan, workshop pemotongan plat, graving dock terbesar di Selat Sunda, serta sejumlah kapal yang tengah dibangun.

Pangkolinlamil berkesempatan masuk ke 11 kapal yang sedang dalam proses pembangunan, yakni 9 unit kapal Fast Patrol Boat Bea dan Cukai, kapal tanker 3.500 dead weight tonnage (DWT) yang akan bekerja untuk PT Pertamina (Persero), dan kapal Roro 500 GT pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Laksda Aan juga melihat-lihat propeler kapal serta kapal-kapal yang beroperasi pada lintas penyeberangan Merak-Bakauheni maupun kapal-kapal dalam rangka Tol Laut yang dibangun dan diperbaiki di galangan DRU.

Pangkolinlamil diberikan penjelasan tentang K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan) oleh salah seorang staf Safety Officer, Riko Adi, juga profil perusahaan oleh Kepala Galangan, Hariyadi.

Direktur Utama DRU, Amir Gunawan, menjelaskan kemampuan galangan nasional dalam membangun berbagai kebutuhan kapal nasional.

Sejak berdiri hingga sekarang, DRU sudah menangani lebih dari 120 unit kapal dengan berbagai tipe dan ukuran, baik kapal negara, alutsista, kapal perintis, kapal penunjang operasi lepas pantai (offshore) minyak dan gas maupun kapal niaga nasional,” paparnya.

DRU memiliki 3 galangan, masing-masing di Unit Jakarta, Unit Lampung, dan Unit Surabaya. Khusus unit Lampung, selama 2015, perseroan telah menyerahkan 1 unit kapal pengangkut tank (Landing Ship Tank/LST) TNI Angkatan Laut pesanan Kementerian Pertahanan.

PT Daya Radar Utama mendukung TNI Angkatan Laut dalam membangun fasilitas galangan kapal sesuai program Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” tandas Amir.
 

  maritimeobserver  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More