Rabu, 02 Maret 2016

Jaga Keamanan Pelayaran RI

Kemenhub Beli 200 Kapal http://2.bp.blogspot.com/-_UC4s8MTwys/VhvQXFDLYUI/AAAAAAAAELc/yqdCfYplU-8/s1600/KPLP%2BKN%2BGRATIN%2BBATAM.jpgSalah satu kapal KPLP, KN Grantin ☆

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaruh perhatian tinggi terhadap lalu lintas pelayaran kapal barang dan penumpang nasional. Untuk menjaga keamanan lalu lintas pelayaran, Kemenhub mendatangkan 200 kapal di Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut di 2016.

Hal ini disampaikan Sekjen Kemenhub Sugihardjo saat membuka acara Rapat Kerja Ditjen Hubla di Kemenhub, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

"Sejalan misi Pak Jokowi-JK, bagaimana bangun RI sebagai negara kepulauan, kita beli kapal patroli kelas I sebanyak 200 kapal tahun ini," kata Sugihardjo.

Dengan pembelian kapal patroli KPLP ini, Kemenhub ingin memastikan keamanan perjalanan kapal di perairan Indonesia bisa terjamin.

"Supaya lebih optimal dalam aspek keselamatan dan aspek potensi pertahanan," jelasnya.

Untuk mendukung operasional kapal patroli ini, Kemenhub akan menggandeng TNI AL. Personil TNI AL akan diperbantukan mengisi crew kapal patroli.

"Dalam pengawasan dirasakan nggak cukup dengan PNS yang ada, maka Menhub akan kerjasama dengan Panglima TNI dan KSAL. Kita akan pakai crew dari TNI AL," sebutnya.

Tak hanya sisi keamanan pelayaran, Kemenhub juga secara bertahap memenuhi peralatan navigasi. Langkah ini dilakukan untuk memberi rasa aman bagi pelaut lokal dan asing saat berada di perairan Indonesia.

"Penyediaan sarana bantu navigasi tujuannya saat pelaut nasional dan asing masuk ke perairan Indonesia dan ALKI, mereka berlayar dengan rasa aman karena sarana bantu navigasi yang cukup," sebutnya. (feb/drk)

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More