blog-indonesia.com

Jumat, 19 Juni 2015

KPLP Pesan 100 Kapal Mulai Tahun ini

Tak Mau Kalah dari BakamlaKapal KPLP buatan PT Dumas Indonesia

Lelang pembangunan kapal patroli Kementerian Perhubungan di bawah unit Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) akan dimulai pada bulan ini.

Direktur KPLP Kemenhub Pranyoto mengatakan proses lelang dilakukan melalui situs resmi Kemenhub dimana pihaknya akan menambah 100 unit kapal patroli hingga 2019.

Lelang akan terbuka secara umum dan diutamakan dibangun di galangan nasional,” ujarnya.

Pranyoto memaparkan, untuk tahap pertama tahun ini akan ada pembangunan kapal sebanyak 30 unit untuk tipe kelas I diantaranya tipe Fast Patrol Vessel (FVP) sebanyak 25 unit dan Marine Disaster Prevention Ship (MDPS) sebanyak lima unit.
Kapal Marine Disaster Prevention Ship (MDPS) KPLP buatan Damen Belanda

Tahap berikutnya, lanjut dia, KPLP juga akan membangun dua unit kapal patroli Kelas II berukuran panjang 42 meter. Disamping itu, KPLP juga membangun kapal patroli Kelas III sebanyak delapan unit, Kelas IV sebanyak enam unit, dan Kelas V sebanyak 25 unit.

Untuk menjaga keamanan laut dan pantai di Indonesia KPLP mengandalkan 326 unit kapal yang masih didominasi oleh kapal Kelas IV dan V, sementara Kapal patroli Kelas I berjumlah tujuh unit,” tuturnya.

Pranyoto menambahkan, penambahan jumlah kapal patroli otomatis menambah kebutuhan tenaga pelaut KPLP. Menurutnya, setidaknya memerlukan 50 orang baru per kapal untuk jenis kapal patroli kelas I. [Iqbal]


 ★ JMOL  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More