blog-indonesia.com

Sabtu, 21 Desember 2013

Perkuat Layanan Data di Indonesia, PSN Beli Satelit Boeing

Pasifik Satelit Nusantara
Pasifik Satelit Nusantara (sumber: www.psn.co.id)
Jakarta Perusahaan di bidang satelit berbasis informasi, Pasifik Satelit Nusantara membeli satelit baru berteknologi mutakhir, Boeing Satellite Systems International. Satelit terbaru milik PSN senilai Rp 200 miliar dan akan dinamakan PSN VI.

Pembelian satelit ditandai dengan penandatanganan antara Presiden Direktur PSN, Adi Rahman Adiwoso dan Senior Contract Manager Boeing Satellite Systems International Patrice Gray Mitchell, di Jakarta, pagi ini.

Menurut Adi, satelit PSN VI membantu memperluas kapasitas satelit terkait jaringan komunikasi suara, data, internet broadband dan distribusi video di seluruh kepulauan Indonesia. Terutama yang masih sulit dijangkau jaringan infrastruktur terestial seperti pembangunan fiber optic dan microwave link.

Adi menargetkan, satelit keenam yang dimiliki perseroan ini akan meluncur pada pertengahan 2016, dan diharapkan mulai beroperasi pada awal 2017. "PSN VI akan mengisi slot 146 derajat E," kata Adi usai penandatanganan kerjasama di Jakarta, Jumat (20/12).

PSN VI memiliki transponder C dan Ku Band. Transponder C digunakan untuk melayani kebutuhan distribusi video, celullar trunkinh dan komunikasi data pada perusahaan kecil, menangah dan besar. Sementara transponder Ku Band lebih dipeuntukkan TV berbayar (pay TV).

PSN VI yang merupakan satelit Boeing 702SP mempergunakan roket pengendali mutakhir bernama electric propulsion, sehingga dapat menghemat berat satelit hingga 3 ton.


  Brita Satu  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More