blog-indonesia.com

Jumat, 06 Desember 2013

Indonesia Salah Satu Korban Pencurian Password Terbanyak

Indonesia Salah Satu Korban Pencurian Password TerbanyakKeamanan data dalam ponsel dan perangkat pintar merupakan sebuah 'harta berharga' yang dimiliki oleh pengguna perangkat mobile. Siapa sangka, Indonesia ternyata masuk dalam salah satu negara yang menjadi korban terbanyak dalam pencurian password di dunia.

Hasil riset yang dilakukan oleh tim SpiderLabs Trustwave menunjukkan, Belanda merupakan negara dengan tingkat pencurian password paling tinggi di dunia. Sebanyak 1.828.452 password atau sekitar 97,17% dari pengguna internet di Belanda telah dicuri oleh perompak cyber alias hacker.

Menurut yang dilansir Slashgear, Jumat (6/12/2013), Indonesia juga masuk dalam daftar lima besar negara dengan password akun sosial media (Facebook, Twitter hingga LinkedIn) paling banyak dicuri hacker. Sebanyak 754 atau sekitar 0,04% pengguna internet Tanah Air kerap kecurian password akun sosial media mereka.

Selain Indonesia, Singapura dan Thailand merupakan dua negara di Asia yang ikut menjadi korban pencurian password. Masing-masing 7.029 dan 5.055 password pengguna internet Thailand dan Singapura dicuri oleh penjahat dunia maya.


Menariknya, meski angka transaksi virtual di Amerika Serikat tinggi namun angka pencurian password justru berada satu peringkat di bawah Indonesia. Hanya 0,10% atau sekitar 1.943 password kerap dicuri di negeri Presiden Obama tersebut.

Tim peneliti juga mengungkap bahwa tingkat kesulitan password sangat berpengaruh dalam kasus pencurian data berharga di seluruh dunia. Kombinasi 9 huruf dan angka merupakan salah satu yang dianggap paling sulit untuk disusupi (vin/dew)


  Liputan 6  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More