blog-indonesia.com

Rabu, 31 Juli 2013

Indonesia Borong Penghargaan di World Music Contest


Indonesia Borong Penghargaan di World Music Contest
Marching Band Gita Surosowan
Amsterdam : Drum Corps Indonesia (DCI) dan Marching Band Gita Surosowan (MBGS) Banten meraih medali emas, perak, dan perunggu dalam 17th World Music Contest (WMC) yang diselenggarakan di Kerkrade, Belanda.

Kompetisi yang diikuti lebih dari 50 peserta domestik dan internasional dengan partisipasi internasional dari 14 negara, termasuk Indonesia, berlangsung dari 4-28 Juli 2013d.

Dalam kegiatan tersebut, Marching Band Gita Surosowan mendapatkan satu medali emas untuk kategori show world division, sedangkan perak untuk kategori itu diraih DCI, yang juga meraih perunggu pada Mars World Division.

DCI menampilkan kolaborasi utama marching band terompet, alat musik tradisional seperti kendang dan ketipung serta tarian parade dengan berbagai bendera warna warni dan bendera merah putih. Seperti diwartakan Antara, Selasa (30/7/2013), penampilan DCI yang cukup semarak namun rapi tersebut mendapatkan applause meriah dari penonton.

Sementara MBGS Banten yang beraksi pada 27-28 Juli lalu dan tampil cukup baik pada kompetisi Show World Division dengan menampilkan kolaborasi marching band dan teatrikal "Rama dan Shinta".

Dengan paduan aransemen musik modern dan tradisional serta koreografi gerakan horn line dan percussion line yang rapi, penampilan MBGS sangat diapresiasi lebih dari 15 ribu penonton yang memadati Limburg Stadium.

Acara WMC merupakan contest drum band yang digelar setiap empat tahun sekali di Kerkrade, Belanda. WMC melombakan lima kompetisi marching band yaitu: show, marching parade, mars, brass band dan percussion ensemble dengan dua kategori utama: first division untuk pemula dan world division internasional.

Selama penyelenggaraan the 17th WMC, diperkirakan sekitar 750 ribu penonton secara langsung telah menyaksikan acara tersebut. Acara ini juga telah mendapatkan liputan luas dari media di Belanda maupun mancanegara.

Walikota Kerkrade, Mr. Jos J.M. Som, kepada Dubes RI Den Haag Retno L. P. Marsudi secara khusus menyampaikan apresiasi positifnya atas partisipasi Indonesia dalam kegiatan tersebut dan mengharapkan Indonesia dapat kembali mengikuti kegiatan the 18th WMC yang akan diselenggarakan Juli 2017.(Asw)


  Liputan6 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More