blog-indonesia.com

Senin, 21 November 2011

KARK, Pemenang Telkomsel Startup Bootcamp 2011

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--KARK, karya satu tim beranggotakan tujuh orang terpilih sebagai pemenang Telkomsel Startup Bootcamp 2011 yang berlangsung di Jakarta 18-20 November 2011. Pemenang selanjutnya akan mengikuti Bootcamp serupa selama 100 hari di Singapura.

KARK merupakan games edukasi yang interaktif. Untuk memainkan KARK, menggunakan sebuah kartu dan device yang memiliki kamera atau webcam. Cukup mengkoneksikan kartu dengan Webcam siapa saja bisa bermain dan belajar interaktif.

Pada Bootcamp, disiapkan game tentang cuaca. Masing-masing kartu berisi materi yang berhubungan dengan cuaca, misalnya hujan, angin, matahari, petir. Pada setiap kartu terdapat informasi dasar dan tampilan grafis tiga dimensi mengenai item terkait.

Masing-masing kartu bisa digabungkan. Misalnya, menggabungkan angin dengan hujan. Penggabungan ini akan menghasilkan tampilan mengenai hujan lebat yang disertai dengan angin kencang. Bila ditambah dengan petir, misalnya, akan muncul suasana hujan lebat dengan angin kencang dan petir.

Head of Partnership Telkomsel, Marcella Dewi mengatakan Kark berhasil menyisihkan 18 karya lain yang dihasilkan Bootcamp. '' Lima orang yuri memilih KARK sebagai salah satu dari lima karya terbaik pilihan mereka,'' ujar Marcella.

Bootcamp itu sendiri diikuti 166 peserta. ''Pendaftar mencapai 600 orang, dari para pendaftar tadi kami memilih 166 peserta,'' katanya. Peserta terpilih selanjutnya dibagi menjadi kelompok. Pada Bootcamp kali ini terbentuk 19 kelompok.

Pemenang disebut Marcella masih dalam tahap pembuatan platform dan prototype. '' Melalui Bootcamp di Singapura, karya mereka akan dimatangkan sehingga menjadi produk berbasis yang siap pakai. ''Melalui Bootcamp di Singapura pula pemenang akan difasilitasi untuk mendapatkan investor guna pengembangan karya mereka lebih lanjut,'' kata Marcella.

Untuk Bootcamp di Indonesia, Telkomsel mendatangkan sejumlah ahli dibidang startup bisnis digital yang berperan sebagai mentor dan membimbing masing-masing kelompok, membangun produk,serta memberikan saran di luar produk seperti manajemen keuangan, marketing, rencana investasi, hingga rancangan struktur organisasi.

Tim yang memenangkan kompetisi akan mewakili Indonesia dalam program JFDI-Innov8 2012 Bootcamp yang diselenggarakan Singtel Innov8. Peserta akan mengikuti Bootcamp selama 100 hari mulai 25 Januari 2012 mendatang. Sebagai pemenang tim KARK mendapatkan hadiah 30 ribu dolar Singapura sebagai modal awal.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More