blog-indonesia.com

Selasa, 28 September 2010

Telkomsel Tunggu Regulasi Uji Coba LTE Outdoor

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) akan melakukan uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE) di luar ruang pada tahun depan. Saat ini mereka masih melakukan penerapan teknologi ini dengan uji coba di dalam ruangan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Haryono mengatakan uji coba ini belum akan dilakukan dalam waktu dekat. "Kami menunggu regulasi untuk outdoor. Mungkin tahun depan," ujar Herfini disela-sela Halal Bihalal di kawasan SCBD, hari ini.

Dalam pengujian dan pengembangan teknologi generasi keempat ini, Telkomsel menggandeng vendor Huawei, Nokia, Siemen Network, Ericsson, ZTE dan beberapa perguruan tinggi. Ujicoba dilakukan di tiga kota di Jakarta, Denpasar dan Medan dengan frekuensi milik Telkomsel pada Juni lalu.

Sayang Herfini belum mau membeberkan hasil uji coba di dalam ruangan tersebut yang menggunakan frekuensi 700 -1800 Mhz. Rencananya jika teknologi ini digelar, mereka kan memberikan layanan broadband di kota-kota besar.

Untuk pengujian di luar ruangan, Telkomsel memilih lokasi di luar Jakarta, seperti Purwokerto, Pelabuhan Ratu Sukabumi dan Semarang. "Lokasi-lokasi inilah yang dinilai tidak berpotensi terjadi gangguan atau interferensi," kata Vice President Technology Master Plan Telkomsel Siswanto Dasijo. Namun, dia menambahkan, untuk melakukan pengujian di daerah-daerah tersebut Telkomsel membutuhkan izin baru.

Herfini mengatakan pengujian tersebut sekaligus untuk modernisasi peralatan dan peranti lunaknya. Telkomsel berencana mengganti peranti teknologinya dengan Software single Defined Radio (SDR) karena lebih efisien.

Adapun pemerintah hingga saat ini belum mengeluarkan regulasi tentang teknologi generasi keempat ini. Pemerintah memperkirakan teknologi tersebut baru menggema dalam dua tahun ke depan.(Dian Yuliastuti)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More